Pengolahan tradisonal buah Bruguiera gymnorryzha L. sebagai bahan pangan di Kampung Ramardori, Kabupaten Supiori

Authors

  • Popi Ida Laila Ayer Universitas Cenderawasih
  • Iriani Ira Bukorpiper Staf Pengajar Program Studi Biologi, FST UOGP

DOI:

https://doi.org/10.31957/acr.v1i2.933

Abstract

Kekayaan sumber daya pangan di Indonesia beraneka ragam sehingga dapat dijadikan sumber pangan karbohidrat, protein maupun lemak. Salah satu sumber daya alam yang potensial untuk dieksplorasi sebagai bahan pangan adalah hutan mangrove. Papua memiliki luas hutan mangrove terbesar di Indonesia yaitu 2, 49 juta ha. Masyarakat kampung Ramardori, Kabupaten Supiori telah memanfaatkan Buah mangrove jenis Bruguierra gymnorrhiza L. sebagai bahan pangan alternatif. Penelitian ini membahas proses pengolahan tradisional buah Bruguierra gymnorrhiza L. menjadi tepung yang dikonsumsi masyarakat setempat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2016 di Kampung Ramardori Distrik Supiori Selatan Kabupaten Supiori. Metode yang digunakan pada saat penelitian adalah metode observasi dan wawancara. Proses pengolahan tradisional buah Bruguierra gymnorrhiza L. menjadi pangan alternatif terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap pemilihan buah, perebusan buah, pengirisan dan perendaman daging buah serta perebusan dan penggilingan daging buah menjadi tepung.

Kata Kunci: Pengolahan tradisional; Pangan; Bruguierra gymnorrhiza L; Kampung Ramardori

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Popi Ida Laila Ayer, Universitas Cenderawasih

Staf Pengajar Program Studi Ilmu Kelautan, FMIPA UNCEN

Iriani Ira Bukorpiper, Staf Pengajar Program Studi Biologi, FST UOGP

Staf Pengajar Program Studi Biologi, FST UOGP

References

Fachrul, M.F. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Fortuna, James de. 2005. Ditemukan Buah Bakau Sebagai Makanan Pokok. http://www.Tempointeraktif. Diakses 23 Maret 2018.

Ilminingtyas, Dyah, W.H., dan Kartikawati, D. 2009. Potensi Buah Mangrove Sebagai Alternatif Pangan. http://www.kesemat.undip.ac.id. Diakses 09 Oktober 2018.

Kardiman., Ridwan, M., dan Armi. 2017. Buah lindur (Bruguera gymnorrhyza) sebagai makanan masyarakat Aceh Kepulauan. Serambi Saintia, 5(2), 51-55.

Mampioper, D., dan Ayomi, C. 2008. Pokem Gandum dari Pulau Numfor Papua. www.kabarindonesia.com. Diakses 22 Mei 2017.

Perdana, Y.S., Nirwani, S., dan Supriyantini, E. 2012. Pengaruh kadar abu gosok selama perebusan dan lama perendaman air terhadap kadar tanin buah dan tepung mangrove (Avicennia marina). Journal of Marine Research, 1, 226-234.

Sumekar, H., Suprihatin, I.E., Irdhawati. 2015. Kandungan logam Pb dan Hg dalam sedimen di Muara Sungai Mati Kabupaten Badung Bali. J. Cakra Kimia, 3(12): 45-49.

Wambrau, J. 2000. Potensi Bruguiera gymnorrhiza Lamk Di Distrik Supiori Selatan. Prossiding Lokakarya Nasional Pendayagunaan Pangan Spesifik lokal Papua: 2-4 Desember. Jayapura.

Wanma. 2010. Komunikasi Langsung.

Widowati, S., L. Sukarno., Suarni., O. komalasari, 2003. Labu Kuning: Kegunaan dan Proses Pembuatan Tepung. Makalah pada seminar Nasional & Pertemuan Tahunan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). 22-23 Juli 2003. Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-07-26

Issue

Section

Articles