PENGARUH PENEMPATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) TERHADAP LAJU INFILTRASI DI LINGKUNGAN SMAS YPPK TERUNA BAKTI JAYAPURA

Authors

  • Anike N Anike N. Bowaire Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Cenderawasih
  • Wahyu Kumala Wahyu Kumala Sari Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Cenderawasih
  • Dani Arisandi Dani Arisandi D. N Prodi Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Papua
  • Edwin Edwin Sitepu Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/.v5i1.2009

Abstract

Sekolah Menengah Swasta YPPK Teruna Bakti berada di Kelurahan Yabansai Distrik Heram. Setiap ada hujan, kawasan sekitar sekolah menjadi tempat yang berpotensi terjadi genangan bahkan banjir. Penanggulangan banjir untuk daerah yang sudah mulai berkurang daerah resapan air dapat diatasi dengan pembuatan lubang resapan biopori (LRB). Keuntungan menggunakan biopori adalah cocok untuk daerah padat, dapat memperbaiki ekosistem tanah, dan pembuatannya mudah. Lubang –lubang yang terbentuk akan terisi udara dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Pada penilitian yang dilakukan di SMAS YPPK Teruna Bakti Jayapura, diperoleh dua data laju infiltrasi, yaitu laju resapan tanpa biopori dan laju resapan dengan biopori. Efektifitas laju resapan dihitung menggunakan metode Horton. Hasil menunjukan bahwa laju infiltrasi tinggi pada tanah yang telah dilakukan perlakuan pada lubang resapan biopori.

 Kata kunci: Lubang Resapan Biopori, Infiltrasi, Laju Serap Air.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anike N Anike N. Bowaire, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Cenderawasih

Jurnal Avogadro adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawsih Jayapura

Wahyu Kumala Wahyu Kumala Sari, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Cenderawasih

Jurnal Avogadro adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawsih Jayapura

Dani Arisandi Dani Arisandi D. N, Prodi Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Papua

Jurnal Avogadro adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawsih Jayapura

Edwin Edwin Sitepu, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Cenderawasih

 Jurusan Kimia FMIPA Universitas Cenderawasih

Bio Statement  :  Jurnal Avogadro adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawsih Jayapura

References

Ansanay, Y.O, Korinus W., 2020. Pemodelan dan Simulasi Pengaruh Tingkat Porositas Tanah terhadap Laju Infiltrasi Air Tanah. Seminar Nasional MIPA II Tahun 2019 Universitas Cenderawasih Volume II Tahun 2020. Hal 93-98.

Asdak, C., 2010. Hidrologi Dan Pengelolaan Daerah Aliran Air Sungai. Edisi. Revisi Kelima. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Yogyakarta.

Asmorowati , E.T., 2019. Studi Desain Konservasi Air dengan Teknologi Biopori dan Sumur Resapan Pada Universitas Islam Majapahit. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat . Hal 84-90.

Dahliaty, A., Nurulita, Y., Nugroho, T, T., V, S., 2018. Penerapan Teknologi BIopori dalam Pencegahan Banjir dan Kekeringan yang sekaligus Pembuatan Biokompos di Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Pekan Baru. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, hal: 255-261.

Juliandari, Aswa, Yuniarti. 2012. Efektifitas Lubang Resapan Biopori Terhadap Lau Resapan (Infiltrasi).Jurnal Untan.Ac.Id/Index.Php/Jmtluntan/Article/View/3441.

Nanda K, Zaid A.W, Siti A. S. Pengaruh Lubang Resapan Biopori Terhadap Laju Infiltrasi Dan Kelimpahan Mikroorganisme Tanah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Geografi. UMS.

Negara, I.D.G.Y., Setiawan, A., Saida, H., Gunawan, A., 2021. Karakteristik Laju Resapan Lubang Biopori Pada Beberapa Jenis Sampah Organik. Journal Unmas Mataram, 15(1): 1004 – 1012.

Permana , E., Nelson, Muhaimin, Lisma, A., Lestari, I., Satria, R., Putra, A.J., 2020. Penyuluhan Pembuatan Biopori Sebagai Lubang Resapan Di RT 04 Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi. Jurnal Paradharma, 3 (2): 129 – 134.

Permatasari, L. 2015. Bioinfiltration Hole: “One Day For Biopore†As An Alternative Prevent Flood. International Journal Of Advances In Science Engineering And Technology, Vol 3 (2).

Saparuddin.2010. Pemanfaatan Air Tanah Dangkal Sebagai Sumber Air Bersih Di Kampus Bumi Bahari, Palu.

Sartika, D., 2019. Pengelolaan Banjir di Kota Samarinda Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sumur Biopori. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 14(1) :63-76.

Sutandi, M.C., G. Husada, K. Tjandrapuspa, D. Rahmat, Dan T. Sosanto. 2013. Penggunaan Lubang Resapan Biopori Untuk Minimalisasi Dampak Bahaya Banjir Pada Kecamatan Sukajadi, Kelurahan Sukawarna, RW 004, Bandung. Konferensi Nasional Teknik Sipil 7, Universitas Sebelas Maret.

Syahputri, Syahrul , Devianti. 2018. Implikasi Pemberian Lubang Resapan Biopori Terhadap Laju Infiltrasi Pada Lahan Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah; 3(2):361-370.

Warsito D. 1994. Sumber Daya Air Dan Lingkungan. Pusat Pengembangan Tenaka Pertambangan. Bandung.

Downloads

Published

2022-04-13