Studi Cracking Katalitik Plastik High Density Polyethylene (HDPE) Menjadi Bahan Bakar Minyak.

Authors

  • Trifani A Lestari Universitas Cenderawasih
  • Darwanta Darwanta Universitas Cenderawasih
  • Yohanes B.J Rusmanta Universitas Cenderawasih
  • Himawan Himawan Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/avg.v6i2.3018

Abstract

Upaya pemenuhan bahan bakar minyak dari sumber-sumber terbarukan telah menjadi kepedulian para peneliti dunia. Telah dilakukan penelitian proses pengolahan limbah plastic HDPE menjadi BBM sejenis bensin dengan metode cracking berkatalis. Penggunaan katalis lempung alam Merauke, dan zeolite alam Wonosari, Yogyakarta telah dikaji dan dikoreksi dengan thermal cracking dalam proses cracking semi batch pada suhu 450oC berpendingin air es pada durasi 2 jam. Katalis zeolite dikaji pada rasio berat 1:1; 1:2; 1:3; dan 1:4 terhadap plastic HDPE. Kemampuan katalis dievaluasi berdasar nilai konversi total dan selektivitas pembentukan produk cair. Karakterisasi produk cair dilakukan dengan penentuan rapat massa (metode ASTM-D1298) dan uji GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cracking dengan katalis zeolite lebih efektif dibanding katalis lempung alam dan thermal cracking. Katalis meningkatkan fraksi bensin sekaligus mengurangi produk minyak berat pada fraksi cair hasil cracking. Proses cracking optimal diperoleh dengan katalis zeolite 1:3 yang menghasilkan konversi total 96,65% dan selektivitas pembentukan produk cair 77,59%. Produk cair yang dihasilkan berwarna kuning jernih berbau khas bensin premium dengan berat jenis 0,7479 g/mL dan terdiri atas 81,13% bensin, 14,73% solar, dan 4,16% minyak berat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busub, Enga. 2019. Cracking Katalitik Limbah Minyak Goreng Bekas Menjadi Bahan Bakar Serupa Bensin dengan Katalis Lempung Alam Papua. Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawasih, Jayapura.

Manos, G., Garforth, A., and Dwyer, J. 2000. Catalitics Degradation of High Density Polyethlene on an Ultrastable Y Zeolite, Nature of Initial Polymer Reaction, Patern of Formation of Gasand Liquid Products Temperature Effect, Ind. Eng. Chem Res, 39, 119

Darwanta, 2002. Sintesis dan Karakterisasi Lempung Terpilar-Al Serta Aplikasinya Sebagai Katalis Hidrorengkah Minyak Bumi. Tesis, Universitas Gadjah Mada.

Romadhonni, T., 2010. Sintesis Katalis Ni/Lempung Terpilar Sol Silika dan Uji Kinerjanya pada Cracking Limbah Plastik Polipropilen. Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawasih, Jayapura.

Vogel. 1985. Buku Teks Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro Bagian I. PT Kalman Media Pusaka, Jakart

Published

2023-06-07