Peran Veteran dalam Meningkatkan Nasionalisme dan Semangat Kebangsaan di SD 004 Cisaranten Kulon Kota Bandung

Authors

  • Patmo DPC LVRI Kota Bandung
  • Sahidin DPC LVRI Kota Bandung
  • Wahyudi DPC LVRI Kota Bandung
  • Asep Saipudin Pemuda Panca Marga Kab Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31957/jabdimascenderawasih.v3i2.5113

Abstract

Veterans, as witnesses to the nation's history, play a strategic role in instilling patriotic values in
the younger generation. This community service program aims to foster students' sense of
nationalism and national spirit through the involvement of veteran independence fighters as key
speakers. The activity, conducted at SD 004 Cisaranten Kulon, Bandung City, utilized an
educational, participatory, and interactive approach on November 20, 2025, with 95 participants.
The implementation method included outreach, discussion, and joint reflection activities. The
results demonstrated an increase in students' understanding of the nation's struggle, love for their
homeland, and motivation to contribute to the nation. This activity also strengthened
intergenerational relationships and emphasized the importance of veterans' role as guardians of
the national collective memory.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A., Asshiddiqi, A. R., Arviandi, F., Isnaini, R., Meilani, T., & Antonia, V. J. (2024). Pengaruh globalisasi terhadap budaya Indonesia serta tantangan dalam mempertahankan rasa nasionalisme. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6866-6871

Aderoben, A., Darmawan, W., & Saripudin, D. (2024). Peran Empati dalam Pengajaran Sejarah: Tinjauan Literatur. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 132-151

Aliyah, S., Pranoto, R. A., Agustin, E. R., & Trisetiyoko, D. (2025). PERAN SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN IDENTITAS BANGSA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 64-74

Alwina, S., Frimaulia, S., Sugma, A. R., Habib, M., & Hasanah, N. (2023). Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Limau Mungkur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76-83.

Andara, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan semangat nasionalisme melalui pembelajaran PPKN di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7733-7737.

Anwar, M. T. S., Silondae, T. T. A., Satyadharma, M., & Suhendra, E. (2025). Hari Veteran Nasional 2025 dalam Bingkai Media Nasional (Analisis Framing Entman). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(8), 15835-15845.

Apriliani, E. I., Anshory, M. I., Nashir, M. J. F., Ningsih, S. S., Allaily, N. R. A., & Utama, F. (2024). Sosialisasi Penanaman Karakter Nilai-Nilai Cinta Tanah Air di Desa Bulan Wonosari Klaten. Bulletin of Community Engagement, 4(1), 73-81.

Asan, A. K., Ramadhani, R., Pasaribu, R., Bely, B., Gultom, I. J., Fahzri, M., ... & Muhammad, F. (2025). MENANAMKAN NILAI KEBANGSAAN UNTUK MEMBANGUN GENERASI BERKARAKTER DAN BEREMPATI DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 3(01), 53-60.

Asy’ari, F. H., Sariyatun, S., & Rejekiningsih, T. (2022, October). Memperkuat Identitas Nasionalisme di Abad 21 Melalui Pembelajaran Sejarah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 170-177).

Dahliyana, A., Budimansyah, D., & Nurdin, E. S. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Pendidikan Umum Dan Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Indonesia Emas Group.

Damayanti, D., Youanda, E., & Utami, R. M. (2024). Menanamkan jiwa nasionalisme melalui pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11-11.

Dewayani, S. (2017). Menghidupkan literasi di ruang kelas. PT Kanisius.

HusinAffan, M., & Maksum, H. (2016). Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 65-72.

Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210-224.

Muhamad, Y. M., Al Muchtar, S., & Anggraeni, L. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya internalisasi nilai toleransi dalam mencegah potensi radikalisme di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1270-1279.

Mumpuni, D. A., & Muhibbin, A. (2025). Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 138-152.

Musadad, A. A. (2024). Strategi Guru Sejarah Berbasis Konstruktivisme dalam Internalisasi JSN 45 untuk Mendukung Visi Indonesia Emas 2045. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 2682-2689.

Muzfirah, S., & Wandi, W. (2024). Implementation of Student Community Service Program to Instill Nationalism in the Young Generation. Kusuma: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 30-39.

Najib, M. A., & Setyowati, R. N. (2021). Internalisasi Jiwa Semangat Nilai-Nilai 1945 Melalui Kegiatan Veteran Mengajar Di Kota Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 76-90.

Nurmansyah, D., & Muttaqin, M. F. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pkn Untuk Menumbuhkan Toleransi Dan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 5(02), 92-101.

Oktariani, D., & Noviyanti, I. (2025). PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP SIKAP NASIONALSME MAHASISWA. Edutainment, 13(1), 9-16.

Pratiwi, D. (2023). Pemanfaatan Video Interaktif" Jejak Perjuangan Sang Jenderal" pada Pembelajaran Menceritakan Kembali Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Purmintasari, Y. D. (2025). REVITALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN NASIONALISME PADA GENERASI MUDA UNTUK MENYONGSONG GENERASI EMAS 2045 (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK). Jurnal Sangkala, 4(1), 21-30.

Putri, M. F. J. L., Sitompul, P. H. S., Th, M., Sasmita, S. K., Siallagan, J., Th, M., ... & Kurniati, P. (2025). Pendidikan bela negara. Basya Media Utama.

Radeisyah, A. D., Nirmala, N., & Putri, B. A. E. (2024). Identitas Nasional Sebagai Fondasi Pembangunan Karakter Bangsa Di Tengah Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Atha Dara Radeisyah*, Baiq Nirmala, Baiq Amrina Elsa Putri, Nurhasanah. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 2(1), 82-95

Renaldo, R., Sabir, A., Murni, Y., & Pitra, D. H. (2024). Integrasi Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Bungo untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Journal of Education Research, 5(4), 4885-4892.

Safitri, T. N., & Satyadharma, M. (2025). Nasionalisme Warga (Perilaku Pengibaran Bendera Merah Putih Selama Bulan Agustus). Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 2(02), 888-903.

Satyadharma, M., & Safitri, T. N. (2025). Nasionalisme Dalam Pemberitaan (Studi Pada Video Cerita Yang Terlupa Dari Front Perjuangan Bangsa). Kandole (Kajian Dan Analisis Multidisplin Layanan Edukasi), 1(2).

Satyadharma, M. (2022). Peran Veteran dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Pada Masyarakat: Studi pada DPD LVRI Sulawesi Tenggara. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 117-127.

Satyadharma, M., & Silondae, T. T. A. (2025). Veteran dan Peningkatan Nasionalisme kepada Generasi Muda (Studi pada Paskibraka Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2025). Jurnal Pemberdayaan Berkelanjutan: Bakti Papsel, 1(2), 1-9.

Satyadharma, M., Sanur, M., & Prasetyo, E. W. (2025). Internalisasi Karakter Nasionalisme dan Semangat Kebangsaan (Pembiasaan pada Upacara Bendera di SD Negeri 6 Wawonii Utara). Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 36-48.

Silondae, T. T. A., Kasim, S. S., Satyadharma, M., Rachman, R. M., Almaliki, M. F., Mahdar, M., & Prasetyo, E. W. (2025). Sosialisasi Nilai Nasionalisme Melalui Televisi (Mengenang Sejarah Perjuangan Bangsa). SMART HUMANITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13-22.

SISKA, Y. F. (2025). Identitas Nasional dan Nasionalisme di Era Digital dalam Kajian Kewarganegaraan. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 4(2), 52-60.

Susilawati, E. (2024). Meningkatkan Civic Engagement Mahasiswa Melalui Literasi Digital. Kearifan Lokal Pancasila, Sejarah, Dan Budaya Bangsa, 19

Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature review: Efektivitas metode pembelajaran tanya jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12-12.

Yunizar, H. V., & Karina, S. (2024). Membangun Karakter Bangsa: Peran Pendidikan dalam Membentuk Generasi Unggul. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan| E ISSN: 3062-7788, 1(3), 18-20.

Zulkifli, Z., & Tomagola, L. M. (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 PROVINSI MALUKU UTARA. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 6(1), 119-124.

Downloads

Published

2025-12-18