PANCASILA DAN TOLERANSI PADA TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT KOTA JAYAPURA
Abstract
Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, merupakan miniatur Indonesia dengan beragam suku, budaya, dan agama. Pancasila, sebagai dasar negara, berperan penting dalam menciptakan kerukunan antarumat beragama. Tujuan penelitian yakni mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Pancasila diimplementasikan dalam tradisi keagamaan masyarakat Jayapura dan tantangan yang dihadapi dalam praktik toleransi. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, di mana pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk mempromosikan toleransi, masih ada kesenjangan antara idealisme Pancasila dan kenyataan di lapangan. Penelitian ini sekiranya bisa memberikan kontribusi pada pengembangan pemahaman tentang kerukunan umat beragama di Indonesia.
Kata kunci: Pancasila, Toleransi, Tradisi Keagamaan.
Downloads
References
Hapsari, D. T. (2018). Dinamika Ekonomi Politik Dalam Kebijakan Pertanian Dan Pangan. Jurnalisme Radio Pada Era Digital: Tranformasi Dan Tantangan, 44, 61–74.
Itlay, S. (2020). Sengketa Tanah pada Masyarakat Adat di Depapre ( Studi Kasus Klan Tonggrotuw dan Soumilena ). 1(1).
Jamal, O., & Edowai, K. (2022). Tinjauan Literasi Budaya Papua dan Kewargaan Siswa SMA Kota Jayapura. 3(1).
Jamal, O., & Goo, E. (2021). Meningkatkan Kesadaran Politik Masyarakat dalam Mengadapi Tantangan Globalisasi Melalui Pendidikan Politik di SMK N 1 Jayapura Increasing. Jurnal Dikmas, 3(1), 10–13. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/dikmas.v3i1.428
Jamal, O., & Kobak, H. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter dan Pancasila Melalui Pelajaran PPKn di SMA N 4 Kota Jayapura Implementation Of Character and Pancasila Education Through PPKn Lessons At SMA N 4 Jayapura City. 4.
Jamal, O., & Marbo, B. L. (2024). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Untuk Guru di MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kota Jayapura Class Action Research Training ( PTK ) For Teachers At The Citizen Education MGMP Jayapura City. 4.
Kustiyanti. (2022). Memperkuat Kesadaran Bela Negara dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Perspektif Adat Papua. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 2(2), 416–420. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v1i2.16759
Lumintang, O., & Edowai, K. (2023). Pengembangan Kompetensi UMKM Kota Jayapura Berkarakter Tecnopreneurship Membuka Segmen Pasar Baru dengan Digital Marketing untuk Memasuki Pasar Global. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 129–137. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.481
Lumintang, O., & Kekri, M. (2024). Upaya Peningkatan Literasi melalui Media Majalah Dinding (Mading) Berbasis Kearifan Lokal oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Cenderawasih di SDN 02 Abepura. Pengabdian Masyarakat Waradin, 4(1), 01–05. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/wrd.v4i1.465
Makayan, Y. B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Komik pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA Negeri 1 Jayapura. 2(1).
Marthen Timisela, & Baab, N. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Moral Anak Bangsa di Era Globalisasi Kota Jayapura. 3(2), 27–30. https://doi.org/https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/DIKMAS
Meteray, B. (2021). Analisis Pemahaman Masyarakat Desa Hedam Kecamatan Heram Kota Jayapura Terhadap Kesadaran Akan Kepedulian Lingkungan Analysis Of The Understanding Of The Community Of Hedam Village , Heram District , Jayapura City Of Awareness Of Environmental Concern. 2.
Meteray, B., Yuliance, H., & Wabiser, E. (2021). Kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat Pada Anak-Anak dalam Kegiatan Keagamaan di Distrik Heram Kel . Waena Kota Jayapura Activities For Developing Interests and Talents In Children In Religious Activities In Heram District Kel . Waena Jayapura City. 1.
Ridwan, A., & Dewi, D. A. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Tiang Hak Asasi Manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2577
Timisela, M., & Tabuni, Y. (2022). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dalam Berbagai Profesi di Lingkungan Masyarakat Kota Jayapura. 1.
Wabiser, D. (2022). Factors Affecting The Learning Interest Of Natural Papua Students Towards Mathematics At Sdn Inpres Bertingkat Of Waena. 6(8), 1109–1117.
Wabiser, Y. D., & Irianto, P. (2024). Problematics of Students’ Discipline Value in Academic Activities and Non Academic. Formosa Journal of Science and Technology, 3(2), 355–366. https://doi.org/10.55927/fjst.v3i2.8241
Wabiser, Y. D., & Itlay, S. (2024). Pembuatan Video dan Penggunaan Youtube dalam Meningkatkan Skill, Kemampuan dan Keterampilan Mahasiswa Prodi Pkn Universitas Cenderawasih. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 151–157. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/faedah.v2i1.1079
Wabiser, Y. D., Itlay, S., Kewarganegaraan, S. P., Kampus, A., Kamp, J., Heram, K., & Jayapura, K. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Modul Elektronik Terintegrasi Model FIVES dalam Pembelajaran Campuran di SD Negeri 01 Abepura Kota Jayapura Improving Students ’ Writing Ability with Integrated Electronic Modules with the FIVES Model in Blended Learning at SD Negeri 01 Abepura , Jayapura City menggunakan modul elektronik untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa . dengan spesifikasi Intel Core i5 dan RAM 8GB , serta aplikasi pembelajaran seperti Google. 3(September).
Wabiser, Y. D., & Makayan, Y. B. (2022). Pemahaman Nasionalisme Indonesia di Antara Masyarakat Papua di Kampung Yabanda Distrik Yaffi Kabupaten Keerom. 3(1).
Wabiser, Y. D., & Makayan, Y. B. (2023). Kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat pada Anak-Anak dalam Kegiatan Keagamaan di Distrik Heram Kel. Waena Kota Jayapura. 1(2), 148–152. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.480
Wabiser, Y. D., Makayan, Y. B., & Jayapura, K. (2022). Penerapan Pembelajaran PKN untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Bhineka Tunggal Ika di SD Negeri 01 Koya Tengah Kota Jayapura Application of Learning Civics to Increase Learning Motivation on Bhinneka Tunggal Ika Material at SD Negeri 01 Koya Tengah Jayapura City. 2(September).
Wabiser, Y. D., & Meteray, B. (2020). Kedisiplinan Guru dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama di Pinggiran Kota Wamena , Kabupaten Jayawijaya ( Studi Kasus SMP Negeri Walelagama ). Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.16749
Wabiser, Y. D., & Meteray, B. (2021). Keefektifan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum MBKM di Kota Jayapura. 1(2).
Wabiser, Y. D., & Meteray, B. (2023). The Growth Of Indonesian Nationalism Among Papuans After Integration In Merauke ( 1963-1969 ). 35(August 1945), 246–266.