EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VI SDN INPRES KOTARAJA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Lulus Puji Astuti Dinas Pendidikan Kota Jayapura
  • Ronaldo Kho Universitas Cenderawasih
  • Matius Pai'pinan Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dari model pembelajaran langsung (konvensional). (2) Adanya perbedaan antara hasil belajar matematika pada siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Adanya  interaksi penerapan model pembelajaran dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.

Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together  dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Sampel penelitian ini berjumlah 65 siswa yang terbagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu : 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini terdiri atas perangkat mengajar (RPP, LKS) dan instrumen pengumpulan data adalah lembaran kuisioner dan tes soal esay, kuisioner diberikan sebelum pembelajaran berlangsung dan tes esay setelah pembelajaran tentang OperasiHitungPecahan selesai diajarkan. Pembelajaran berlangsung selama 4 kali pertemuaan. Kemudian data yang di peroleh dianalisis dan di uji statistik parametrik ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS Release 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan (1) menunjukan perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Numbered Heads Together dengan model pembelajaran langsung, nilai sig 0,00 <  0,05, (2) ada interaksi yang signifikan antara tingkat motivasi siswa dengan hasil belajar matematika nilai sig 0,00 < 0,05. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi be;ajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar. Nilai sig 0,878> 0,05.

 Kata kunci: Numbered Heads Together, Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: 2007.

Ningrum, Cipta Diana. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Padasiswa Kelas V Di SD Negeri 03 Sungapan. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono.2011a. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparto. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengelolaan Data dengan Metode Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) danPemberian Reinforcement Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kedungbanteng 4, Kec. Kedungbanteng, Kab. Tegal, Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Oktadika. No. 8. 39-44

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Prose Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Suyatno. 2008. Mengajar dengan Permainan. Online. Diunduh dari http://garduguru.blogspot.com/2008/05/mengajar-dengan-permainan.html [diakses6/10/2014].

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles