DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENERAPAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII D SEMESTER 2 SMP YPK KOTARAJA

Authors

  • Yosefin Rianita Hadiyanti Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan apa saja dilakukan siswa serta penyebab yang membuat siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal penerapan bangun datar segi empat di kelas VII D semester 2 SMP YPK Kotaraja. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dari siswa kelas VII D SMP YPK Kotaraja. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa ada 3 yaitu (1) Kesalahan menerjemahkan soal meliputi (a) kesalahan dalam menentukan/menulis apa yang diketahui pada soal (b) kesalahan dalam menentukan/menuliskan apa yang ditanyakan pada soal (c) kesalahan dalam menerjemahkan soal dalam bentuk matematika. (2) Kesalahan konsep meliputi (a) kesalahan dalam menggunakan rumus dalam menyelesaikan soal penyebabnya adalah siswa tidak memahami soal dengan baik serta tidak menghafal rumus. (3) Kesalahan dalam penggunaan operasi hitung meliputi kesalahan siswa dalam melakukan perkalian dan pembagian dua bilangan. Alternatif solusi untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut adalah guru hendanya mempunyai persiapan mengajar yang, aktif, kreatif ,efektif dan menyenangkan. Selain itu juga guru perlu memberi bimbingan dan latihan soal agar siswa dapat memahami dan menguasai konsep penerapan bangun datar segi empat melalui sifat-sifatnya.

 Kata kunci : Analisis kesalahan, kesalahan jawaban, penerapan bangun datar segiempat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2003. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bogdan, R. C. & Biklen, S.K.B.. 1982. Pengantar Studi Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Miles. B. M. & Huberman. A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Usman. 2007. Proses Penelitian Kualitatif. Jakarta: FakultasEkonomi Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles