IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MENENTUKAN BESAR SUDUT ANTARA DUA BIDANG PADA BANGUN RUANG DI KELAS XI SMA NEGERI 4 JAYAPURA

Authors

  • Gatot Sugondo Universitas Cenderawasih
  • Pitriana Tandililing Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal besar sudut antara dua bidang pada bangun ruang,  dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal besar sudut antara dua bidang pada bangun ruang. Sesuai dengan tujuan penelitian maka jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif.Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga (3) orang yang diambil dari kelas XI MIA 9 SMA Negeri 4 Jayapura. Pengumpulan data diambil dengan metode tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Jenis-jenis kesulitan yang didapatkan adalah: (1) kesulitan konsep yaitu siswa tidak dapat membayangkan bidang pada bangun ruang dengan benar dan sulit dalam menerapkan konsep sudut pada bangun ruang, (2) kesulitan dalam perhitungan yaitu siswa tidak dapat mengoperasikan bentuk akar dengan benar, tidak dapat mengoperasikan dalam bentuk menyamakan penyebut dan pembagian bilangan pecahan dengan benar dan tidak dapat mencari hasil akar dari angka desimal dengan benar. (3) kesulitan mengingat rumus yaitu siswa tidak mengingat bentuk rumus aturan kosinus dan rumus perbandingan serta tidak dapat menghubungkan antara rumus yang digunakan dengan jawaban, (4) kesulitan mengingat cara yaitu siswa lupa langkah-langkah dalam menyelesaikan soal hingga selesai. Faktor-faktor penyebab kesulitan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) karena lupa atau kurang teliti, (2) Terburu-buru dalam mengerjakan soal, (3) tidak dapat mengoperasikan bentuk akar, (4) tidak dapat membayangkan bentuk bidang dalam ruang, (5) hanya melihat objek dari satu sisi, (6) tidak menguasai cara menyederhanakan bentuk akar, (7) salah menentukan strategi saat menyelesaikan soal, (8) bingung ketika rusuk yang diketahui dalam bentuk huruf, (9) tidak dapat menghubungkan rumus yang berkaitan dengan jawaban, (10) belum menguasai konsep dasar operasi bilangan pecahan, (11) belum menguasai cara mengoperasikan pembagian bilangan pecahan bentuk aljabar. Solusi yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) siswa harus lebih teliti dalam menyelesaikan soal dan menghafalkan rumus-rumus yang berkaitan dengan materi tersebut, (2) siswa tetap tenang dan tidak terburu-buru ketika menyelesaikan soal, (3) siswa harus menguasai materi ajar sebelumnya seperti mengoperasikan bentuk akar, menyederhanakan hasil dalam bentuk akar dan konsep dasar operasi bilangan pecahan, (4) ketika proses belajar mengajar berlangsung, guru harus menggunakan alat peraga yang berhubungan dengan materi bangun ruang seperti kardus, ruangan, aplikasi software dan lain-lain yang dapat membantu siswa dalam membayangkan/berimajinasi sebuah bangun ruang tiga dimensi, (5) siswa harus membayangkan bangun ruang dari semua sisi agar dapat menarik kesimpulan yang benar terhadap gambar yag akan dicari bentuknya, (6) ketika berhadapan dengan soal, usahakan untuk mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

Kata kunci: Analisis kesulitan, bangun ruang, soal-soal besar sudut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningrum, Siti. 2014. Identifikasi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII Semester II SMPNegeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Novirismahani, Reta. 2009. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Menggambar Dan Menghitung Jarak Pada Benda Ruang Kelas X1 Semester 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rif’an, Muhamad Ghoni. 2011. Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011.Skripsi. Institut Agama Isl am Negeri Walisongo Semarang.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan.Jakarta: Kencana Peranada Media Grup.

Siti, Komsiyah. 2015. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tahun 2014/2015.Skripsi. IAIN Tulungagung.

Sugiyono. 2014. MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulistiawati. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas. Skripsi. STKIP Surya.

Syah, Muhibbin. M. Ed. 2005. PsikologiPendidikandenganPendekatanBaru.Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles