PROFIL PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA YPPK TERUNA BAKTI
Abstract
Artikel ini memaparkan hasil penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas XI IPS SMA YPPK Teruna Bakti Waena Jayapura pada semester genap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi limit fungsi aljabar. Proses berpikir dalam penelitian ini menggunakan proses berpikir menurut Zuhri yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) pembentukan pengertian, (2) pembentukan pemahaman, dan (3) penarikan simpulan. Subjek berjumlah tiga orang peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dimana memiliki tingkat kemampuan menyelesaikan soal matematika yang berbeda, yaitu terdiri atas peserta didik berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Tes yang diberikan berupa tes soal matematika uraian sebanyak tiga butir soal. Hasil yang diperoleh adalah: (1) Pada tahap pembentukan pengertian, subjek berkemampuan matematika rendah mampu menyatakan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tetapi subjek tidak dapat membuat rencana penyelesaian dengan tepat. Subjek berkemampuan matematika sedang mampu menyatakan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tetapi subjek sempat ragu dalam membuat rencana penyelesaian. Subjek berkemampuan matematika tinggi mampu menyatakan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, serta subjek mampu membuat rencana penyelesaian dengan tepat. (2) Pada tahap pembentukan pemahaman, subjek berkemampuan matematika rendah tidak dapat menyatakan metode limit fungsi yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal tes menggunakan konsep yang telah dipelajari. Subjek berkemampuan matematika sedang kurang mampu menyatakan metode limit fungsi yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal tes menggunakan konsep yang telah dipelajari. Subjek berkemampuan matematika tinggi mampu menyatakan metode limit fungsi yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal tes menggunakan konsep yang telah dipelajari. (3) Pada tahap penarikan simpulan, subjek berkemampuan matematika rendah tidak mengecek kembali hasil yang diperoleh. Subjek berkemampuan matematika sedang kurang mampu mengecek kembali hasil yang diperoleh. Subjek berkemampuan matematika tinggi mampu mengecek kembali hasil yang diperoleh.
 Kata kunci: profil proses berpikir, limit fungsi aljabar.
Downloads
References
Abdul. 2009. Cara Dahsyat Merevolusi Kemampuan Otak. Yogyakarta: Golden.
Jihad, A & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Rosdakarya.