EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN LIMIT FUNGSIDITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAYAPURA

Authors

  • Anastasia Nanci Sawitto SMA Negeri 1 Jayapura
  • Happy Lumbantobing Universitas Cenderawasih
  • Yosefin Rianita Hadiyanti Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perbedaan hasil  belajar siswa antara yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together pada materi limit fungsi; 2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi pada materi limit fungsi; 3) interaksi antara penerapan model pembelajaran dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar pada materi limit fungsi.Desain penelitian yang digunakan adalah  counterbalanceddesign dengan dua kelas eksperimen. Kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang sama, yakni dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jayapura, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 46 orang dan XI IPA 5 yang berjumlah 47 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data  adalah lembar angket motivasi belajar matematika dan tes hasil belajar dalam bentuk uraian. Pengisian angket motivasi belajar matematika dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung dan pemberian tes hasil belajar dilakukan setelah proses pembelajaran selesai. Pembelajaran berlangsung selama empat kali pertemuan untuk setiap kelas dengan perlakuan yang sama. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji parametrik anava dua jalur dengan menggunakan bantuan  program SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikasi .Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan hasil  belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together pada materi limit fungsi. Perbedaan hasil belajar tersebut sebesar 6,92. Dalam hal ini, hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; 2) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi pada materi limit fungsi. Perbedaan hasil belajar antara siswa motivasi belajar sedang dengan siswa motivasi belajar rendah sebesar 9,23; anatar siswa motivasi belajar tinggi dengan siswa motivasi belajar rendah sebesar 19,23; antara siswa motivasi belajar tinggi dengan siswa motivasi belajar sedang sebesar 10,00; 3) tidak ada interaksi antara penerapan model pembelajaran dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar pada materi limit fungsi. Siswa dengan motivasi belajar tinggi tetap mempunyai hasil belajar yang tinggi, walaupun diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS maupun NHT. Dalam hal ini bahwa model pembelajaran tidak mempengaruhi hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi.

 Kata kunci : pembelajaran kooperatif, think pair share, numbered heads  together, motivasi belajar dan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, L. P. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas VI SDN Inpres Kotaraja Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Tesis Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Cenderawasih: tidak diterbitkan.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hartati, S. 2009. Penggunaan Metafora dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Surakarta. Tesis: Universitas Sebelas Maret. (diakses Maret 2016)

Eggen dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran dan Keterampilan Berpikir Edisi VI. 2012. Jakarta Barat: Indeks.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Soedjadi, R. 2000. KiatPendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA

Suprihatiningrum, 2012. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Yuzianah, D. 2011. Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Student Team Achivement Division (STAD) pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles