PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TIGA DIMENSI BERDASARKAN LIMA FASE MODEL VAN HIELE UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN PENALARAN VISUOSPASIAL

Authors

  • Ronaldo Kho Universitas Cenderawasih

Abstract

Masalah yang ditemukan pada penelitian pendahuluan adalah SOAP (siswa asli orang Papua) SMP yang berkemampuan matematika rendah dalam mengontruk bangun ruang tiga dimensi memiliki kemampuan penalaran visospasial yang rendah. Berdasarkan temuan tersebut perlu dilakukan kajian secara teoretis maupun empiris untuk pengembangan bahan ajar geometri tiga dimensi khususnya konstruksi bangun yang dapat menumbuhkembangkan penalaran visuospasial SOAP. Pengembangan bahan ajar ini didasarkan pada lima fase (yaitu fase informasi, fase orientasi, fase penjelasan, fase orientasi bebas, dan fase integrasi) dari Model van Hiele. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (developmental research) dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid meliputi RPP berbasis kurikulum 2013, buku guru, buku siswa, LAS (lembar aktivitas siswa), dan alat evaluasi penalaran visuospasial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwan produk bahan ajar geometri tiga dimensi memenuhi kriteria valid secara teoretis dan praktis.

Kata kunci: bahan ajar, geometri, Van Hiele, penalaran visuospasial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kho, R. 2015. Jenjang Penalaran Visuospasial Siswa Berkemampuan Matematika Rendah dalam Mengkonstruksi Bangun Geometri Tiga Dimensi. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya. Volume 1 Nomor 1.

Hunt, Earl 1995. The Role of Intelligence in Modern Society. The American

Scientist. Diakses dari www.psych.utoronto.ca/~reingold/courses /intelle gence/cache/Hunt-full.html, tanggal 11 Maret 2016.

Kho, R. 2009. Penalaran Visuospasial Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbantuan Alat Peraga Kubus Satuan. Seminar Nasional Matematika IV, Surabaya.

Sunardi. 2001. Hubungan antara Usia, Tingkat Berpikir dan Kemampuan Siswa dalam Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium IIIâ€. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya, 2 Nopember.

Sudarman. 2000. Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer Materi Luas dan Keliling Segitiga untuk Kelas V Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Kho, R. 1996. Tahap Berpikir dalam Belajar Geometri Siswa Kelas II SMP Negeri I Abepura di Jayapura Berpandu pada Model van Hiele. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. L. (1974). Instructional, Development for Trainning Teacher of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles