Minat Membaca dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Indeks Prestasi

Authors

  • Supomo Supomo SMA Negeri 1 Kota Sorong, Papua Barat

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v7i1.840

Keywords:

Reading Interest, Learning Motivation, Student Achievement

Abstract

This study aims to determine the Effect of Reading Interest (X1), Learning Motivation (X2) and is in the process of determining Reading Interest (X1), Learning Motivation (X2) Against Learning Achievement Grade XI IPA2 Students in Sorong 1 Public High School (Y) ) This type of research is Ex post facto. Purposive sampling is a sampling technique used in this study. The interest and motivation of learning to read have a significant influence on the achievement index of students in class XI IPA2 of Sorong City Senior High School 1, respectively at 70.1% and 67.6%. Taken together the interest in reading and learning motivation has a significant influence on the achievement index of students in class XI IPA2 in Sorong City 1 Public High School, amounting to 74.8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartono, Kartini. (2002). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Bandar Maju.

Kayaman, K. (2015). Pengaruh Metode Eksperimen, Motivasi dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Gerak Lurus Pada Siswa SMA Negeri I Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(3), 44-53.

Pangerti, B. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam MAN Model Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 30-39.

Qumarudin, M., & Siregar, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Agustus Terhadap Minat Belajar Matematika dan Tingkat Kehadiran Siswa Kelas XI IPA1 Di SMA Negeri 1 Arso Kabupaten Keerom. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1-8.

Roewijadi, R., & Siregar, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(3), 31-43.

Sardiman, A.M. (2008). Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.

Selmi Yohana Stefanie, (2014), Perbedaan minat dengan hasil belajar kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMA Negeri 1 Sentani. Jayapura, JIPI (Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia ) Juni 2014 Vol, 2, No. 2.

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (1999). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

________ (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulaiman. (2011). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Minat Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IX Semester Ganjil SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010-2011. Masters Thesis Fakultas KIP Universitas Lampung.

Tarigan, H. G. (2010). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Wicahyani, V. (2010). Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat). SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.

Zaini Hisyam, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2019-04-22

Issue

Section

Articles