Analisis Potensi Retribusi Objek Wisata Pantai Base-G Di Kota Jayapura

Authors

  • Damaris M. Youwe Universitas Cenderawasih
  • Mesak Ick Universitas Cenderawasih
  • Agustina Sanggrangbano Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.56076/jkesp.v1i2.2041

Abstract

Papua memiliki potensi yang cukup besar dari sektor pariwisata untuk menyumbangkan PAD kepada pemerintah daerah. Potensi ini merupakan sumber pendapatan bagi Papua, khususnya bagi daerah-daerah yang memiliki objek wisata. Salah satu dari daerah tersebut ialah Jayapura sebagai ibukota provinsi. Objek wisata yang terdapat di Kota Jayapura salah satunya ialah objek wisata Pantai Pantai Base-G. Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar potensi retribusi yang dapat di hasilkan dari objek wisata Pantai Base-G Kota Jayapura serta Mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi pungutan retribusi di Pantai Base-G Kota Jayapura. Penelitian ini di analisis dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dimana retribusi per tahun dihitung dengan cara: jumlah pengunjung x dengan tarif retribusi x dengan 365 hari dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya pungutan Retribusi dalam pengelolaan objek wisata Pantai Base-G, peneliti menggunakan alat analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Dalam setahun pendapatan yang bisa di hasilkan dari loket masuk Objek  wisata Pantai Base-G saat ini yaitu Rp.96.000.000. Sedangkan perhitungan setelah adanya retribusi total pendapatan yang di hasilkan per tahun dari Objek wisata Pantai Base-G yaitu mencapai Rp.2.470.000.000. Masih kurangnya tingkat koordinasi antara pemerintah daerah setempat dan instansi pemerintahan yang terkait. Kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang. Tarif yang masih beragam sesuai dengan keinginan pemilik tempat objek wisata.

Kata Kunci : Potensi Retribusi, Wisata Pantai, Pantai Base-G Jayapura

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Damaris M. Youwe, Universitas Cenderawasih

Alumni Program S1 Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih

Mesak Ick, Universitas Cenderawasih

Staf  Pengajar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih

Agustina Sanggrangbano, Universitas Cenderawasih

Staf  Pengajar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih 

References

Cahyaningrum, RO, 2013, Jurnal Perkembangan Objek Wisata Umbul Sewu dan Pengaruhnya Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pengging dan Sekitar. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sejarah/article/view/254/303

Elfianti, L, 2011, Potensi dan Strategi Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Studi Kasus di Kabupaten Sijunjung, Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Muhammad Yamin Solok.

Hamadi, MR, 2009, Pengaruh Pengembangan Sektor Pariwisata di Pantai Hamadi terhadap Masyarakat Desa Tobati Kota Madya Jayapura, Jayapura : Skripsi Fakultas Ekonomi UNCEN Jayapura.

Moh. Manshur Hidayat & Surochiem As, 2008, Artikel Maritim : Pokok-Pokok Strategi Pengembangan Masyarakat Pantai Dalam Mendorong Kemandirian Daerah, Ridev Institute Surabaya.

Nurmalasari, Y, 2009, Analisis Pengelolaan Wilayah Pesisir Berbasis Masyarakat. www. Stmik-im.ac.id/userfiles/jurnal%20yessi.pdf.

Rantetadung, M, 2012, Analisis Pengaruh Dukungan Pemerintah dan Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Nabire. Jurnal Agroforestri VII Nomor 1 Maret 2012

Saputro, E. 2012, Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Kampung Nelayan Pantai Drini DiKabupaten Gunungkidul, Surakarta : Laporan Tugas Akhir Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2014-08-03

How to Cite

Youwe, D. M., Ick, M., & Sanggrangbano, A. (2014). Analisis Potensi Retribusi Objek Wisata Pantai Base-G Di Kota Jayapura. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 1(2). https://doi.org/10.56076/jkesp.v1i2.2041

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)