Analisis Elastisitas Pajak Daerah Di Kota Jayapura

Authors

  • Transna Putra Urip Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.56076/jkesp.v1i3.2049

Abstract

Didalam pelaksanaan pembangunan daerah, pemerintah daerah membutuhkan dana guna membiayai pembangunan tersebut, sehingga pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan berfungsi sebagai penyedia pelayanan publik, pemerintah juga berkewajiban untuk meningkatkan penerimaan daerahnya melalui pungutan yang dilakukan terhadap masyarakat. Salah satu sumber Pendapatan asli daerah adalah Pajak Daerah. Penelitian ini melihat bagaimana pertumbuhan dan kontribusi tiap jenis pajak daerah terhadap pajak daerah, bagaimana elastisitas pajak daerah terhadap perkembangan PDRB dan Pajak Daerah mana yang merupakan pajak unggulan di Kota Jayapura. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Jenis Pajak Daerah yang memiliki kontribusi diatas rata-rata adalah pajak Hotel , Pajak Restoran dan Pajak penerangan Jalan umum. Sedangkan Pajak daerah yang pertumbuhannya diatas rata-rata adalah Pajak Hotel, Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Pengambilan & Pengolahan Bahan Galian C dan Pajak Parkir. Adapun Jenis Pajak Daerah yang sifat elastisitasnya Elastis (E>1) adalah Pajak Pajak Hotel, Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Pengambilan & Pengolahan Bahan Galian C dan Pajak Parkir. Â Berdasarkan Kriteria Skor Kontribusi > 1 dan nilai elastisitas > 1 maka Pajak Unggulan di Kota Jayapura adalah Pajak Hotel dan Pajak Restoran

Kata Kunci : Kontribusi, Pertumbuhan, Elastisitas Unggulan, Pajak Daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Transna Putra Urip, Universitas Cenderawasih

Staf  Pengajar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih

References

BPS Kota Jayapura, BAPPEDA Kota Jayapura, (2009), Kota Jayapura Dalam Angka, BPS Kota Jayapura.

Boediono, Teori Pertumbuhan Ekonomi, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 4, Edisi 1, BPFE Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Davey, K.J, 1998 Pembiayaan Pemerintah Daerah–Praktek-Praktek Internasional dan Relevansinya bagi Dunia Ketiga, Penerjemah Amanulah dkk, UI Press, Jakarta.

Darumurti, KD dan Rauta Umbu, 2000, Otonomi Daerah, Kemarin Hari ini dan Esok, Kritis, Vol. XII. No.3.

Devas, N., Binder, B., Both, A., Davey, K., Kelly, R., 1998, Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia, Edisi terjemahan, UI Press, Jakarta.

Dinas Pendapatan Kota Jayapura, (2009), Laporan Realisasi Pendapatan Asli Daerah, Kota Jayapura.

Hariyandi, 2002, “Identifikasi Jenis Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Serta Potensinya di Kota Dumaiâ€, Tesis S-2, Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Jaya, W.K., 1996, “Analisis Keuangan Daerah; Pendekatan Makroâ€, Model Program PMSES, Kerjasama Ditjrn PUOD Depdagri dengan Pusat Penelitian dan Pengkajian Ekonomi dan Bisnis, UGM, Yogyakarta.

Kaho, J.R, 1997, Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia, PT. Raja Gratondo, Cetakan Keempat, Jakarta.

Kunarjo; 2002; Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan; UI press; Jakarta

Kuncoro, Mudrajad, 2003 Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

-------------------------, 2004. Otonomi & Pembangunan Daerah Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang,Penerbit Erlangga Jakarta.

Machfud, S., 2000. Kebijakan Fiskal Nasional Untuk Mendukung Otonomi Daerah. Seminar Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan, Yogyakarta.

--------------, 2002. Kebijakan Implementasi dan Pandangan ke depan Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah. Makalah yang disampaikan dalam Seminar Nasional “Menciptakan Good Governance demi Mendukung Otonomi Daerah dan Desentralisasi Fiskalâ€, 20 April 2002. Yogyakarta.

Mardiasmo, 2000, Perpajakan, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

--------------, 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Serial Otonomi Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Muhammad Fauzan, 2006, Hukum Pemerintahan Daerah Kajian tentang Hubungan Keuangan antara Pusat dan Daerah, Yogyakarta: UII Press.

Munawir, S. 1998, Pokok-Pokok Perpajakan, Liberty, Yogyakarta

Seligman, Edwin R.A., (1925). Essays on taxation., New York, edisi 10.

Simanjuntak, R. A., 2000, Beberapa Alternatif Sumber Penerimaan Daerah dalam Rangka Pemberdayaan Pemerintah Daerah, Makalah dalam Konggres Nasional ISEI, 21-23 April, Makassar

Situmorang, Charles P, 2010, Analisis Sektor Pajak Unggulan di Kabupaten Nabire, Tesis Magister Ilmu Ekonomi Universitas Cenderawasih.

Yuliati, 2001, “Analisis Perkembangan Kemampuan Keuangan Daerah Dalam Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Kabupaten Sukoharjo†Tesis S-2, Pascasarjana-UGM, Yogyakarta.

Downloads

Published

2014-12-02

How to Cite

Urip, T. P. (2014). Analisis Elastisitas Pajak Daerah Di Kota Jayapura. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 1(3). https://doi.org/10.56076/jkesp.v1i3.2049

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>