Analisis Sektor Unggulan Di Kabupaten Merauke Tahun 2007-2013

Authors

  • Rizka Andani Universitas Cenderawasih
  • Yundy Hafizrianda Universitas Cenderawasih
  • Balthazar Kreuta Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.56076/jkesp.v2i3.2070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor ekonomi yang menjadi sektor basis dan sektor unggulan, sektor yang menjadi konsentrasi pertumbuhan serta mempunyai keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data PDRB Kabupaten Merauke yang diperoleh dari BPS. Metode analisis yang digunakan yaitu SLQ, DLQ, SSA, IS dan MRP. Berdasarkan hasil penelitian, sektor yang basis di Kabupaten Merauke adalah sektor pertanian, subsektor peternakan dan hasilnya, subsektor kehutanan, subsektor perikanan, sektor pertambangan dan penggalian, sektor industi pengolahan dan sektor listrik dan air bersih. Sedangkan sektor unggulannya adalah sektor pertanian. Sektor yang menjadi konsentrasi pertumbuhan adalah sektor Pertanian, subsektor Peternakan dan hasilnya, subsektor Perikanan, sektor Pertambangan dan Penggalian, dan sektor Listrik dan Air Bersih. Sektor yang memiliki keunggulan kompetitif adalah sektor Pertambangan dan Penggalian, sektor Bangunan, dan sektor Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan. Sektor yang basis harus dipertahankan sedangkan sektor yang non basis perlu ditingkatkan agar menjadi sektor yang basis.

Kata Kunci : PDRB, Sektor Unggulan, SLQ, DLQ, SSA, IS, MRP

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizka Andani, Universitas Cenderawasih

Alumni Program S1 Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih

Yundy Hafizrianda, Universitas Cenderawasih

Staf Pengajar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih

Balthazar Kreuta, Universitas Cenderawasih

Staf Pengajar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih

References

Analisis SLQ dan DLQ (0nline: https://publikasiilmiah.ums.ac.id)/

Anonim. 2013. Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Merauke Tahun 2007-2013 BPS Kabupaten Merauke.

Anonim. 2013. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Papua Tahun 2007-2013, BPS Provinsi Papua, Jayapura.

Anonim. 2015. Sektor-sektor dalam PDRB. ( Online : http://id.wikipedia.org, diaskes 17 Maret 2015).

Basuki, A.T dan Gayatri, Utari. 2009. Penentu Sektor Unggulan Dalam Pembangunan Daerah : Studi Kasus di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah; Yogyakarta.

Daryanto, Arief dan Hafizrianda, Yundy. 2010. Model-Model Kuantitatif untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. IPB Press, Bogor.

Fachrurrazy. 2009. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian Wilayah Kabupaten Aceh Utara dengan Pendekatan Sektor Pembentuk PDRB. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.

Hardjono. 2006. Pola Pengembangan Sektor Perekonomian Berbasis Agribisnis dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Bali. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Maulud, Marsum, 2004. Identifikasi Sektor Ungulan dan Prioritas Pembangunan Ekonomi di Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Magister Ekonomi Pembangunan UGM.

Uray, D.N. 2010. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian Kota Singkawang dengan Pendekatan Sektor Pembentuk PDRB. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Pontianak. (Online : jurnal.untan.ac.id)

Yulianita, Anna. 2008. Analisis Sektor Unggulan dan Pengeluaran Pemerintah di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Palembang.

Yulianto, D.P. dan Santoso, E.B. 2013. Identifikasi Potensi Komoditas Unggulan Pada Koridor Jalan Lintas Selatan Jatim di Kabupaten Tulungagung-Trenggalek. Jurnal Teknik Pomits. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Andani, R., Hafizrianda, Y., & Kreuta, B. (2015). Analisis Sektor Unggulan Di Kabupaten Merauke Tahun 2007-2013. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 2(3). https://doi.org/10.56076/jkesp.v2i3.2070

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>