Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Nadzirun Nadzirun Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  • Andika Ari Saputra IAIMNU METRO LAMPUNG https://orcid.org/0000-0002-4330-9652
  • M. Zainal Arifin Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  • Muhamad Agus Mushodiq Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  • Diah Retno Ningsih Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, Indonesia
  • Muslimah Muslimah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Hara Permana Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2534

Keywords:

guidance and counseling

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui  penggunaan metode bermain peran, untuk mengetahui hasil  belajar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode bersifat deskriptif kuantitatif (deskriptif research),diantaranya menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan Interview. Penelitian ini sampelnya berjumlah 24 siswa. Kemudian untuk membuktikan kebenaran hipotesis, penulis menganalisa data dengan rumus chi kuadrat. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat tersebut dapat diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2 hit) sebesar 6,12. Harga chi kuadrat hitung (x2 hit) adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (x2 tab) pada taraf signifikan 5% dan lebih kecil pada taraf signifikan 1% atau 5,991<6,12<9,210. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nadzirun Nadzirun, Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia

IAIMNU

Andika Ari Saputra, IAIMNU METRO LAMPUNG

iaimnu

M. Zainal Arifin, Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia

IAIMNU

Muhamad Agus Mushodiq, Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia

IAIMNU

Diah Retno Ningsih, Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, Indonesia

IAI SKJ Malang

Muslimah Muslimah, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

IAI BBC

Hara Permana, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

IAI BBC

References

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Bachtiar, W. (1997). Metodologi penelitian ilmu dakwah. Logos.

Blatner, A. (2009). Role playing in education. Disponibile all'indirizzo: http://www. blatner. com/adam/pdntbk/rlplayedu. htm.

Fadilah, L., & Wijaya, A. (2022). PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.2145

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of EST, 1(2), 86–101.

Hadi, A. (1998). Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan, 2.

Metode Penelitian: Suatu pendekatan proposal / Mardalis | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved November 18, 2022, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=661799

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputra, A. A., & Astuti, B. (2018). Hubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Saputra, A. A., Saputra, A., & Permatasari, I. (2017). Kompetensi Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Kepada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.

Solikah, A. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan: Studi Multi Situs di MI Darul Muta�alimin Patianrowo Nganjuk, MI Muhammadiyah 1 Pare dan SD Katolik Frateran 1 Kota Kediri. Didaktika Religia, 2(1).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sunarsih, T. (2010). Hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Stikes A. Yani Yogyakarta [PhD Thesis]. Universitas Sebelas Maret.

Tanjung, Y., Astuti, B., & Arisandi, A. (2019). Influence of Group Guidance with Discussion Techniques on Local Learning Interest. KnE Social Sciences, 377–388.

Wahid, A., Arifin, M. Z., & Adawiyah, R. (2022). Values of Moral Education in The Story of Hijrah Prophet Muhammad SAW. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 75–88. https://doi.org/10.25217/cie.v2i1.2198

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(1), 1–22.

Published

2022-12-31