Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2534Keywords:
guidance and counselingAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran, untuk mengetahui hasil  belajar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode bersifat deskriptif kuantitatif (deskriptif research),diantaranya menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan Interview. Penelitian ini sampelnya berjumlah 24 siswa. Kemudian untuk membuktikan kebenaran hipotesis, penulis menganalisa data dengan rumus chi kuadrat. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat tersebut dapat diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2 hit) sebesar 6,12. Harga chi kuadrat hitung (x2 hit) adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (x2 tab) pada taraf signifikan 5% dan lebih kecil pada taraf signifikan 1% atau 5,991<6,12<9,210. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar.
Downloads
References
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Bachtiar, W. (1997). Metodologi penelitian ilmu dakwah. Logos.
Blatner, A. (2009). Role playing in education. Disponibile all'indirizzo: http://www. blatner. com/adam/pdntbk/rlplayedu. htm.
Fadilah, L., & Wijaya, A. (2022). PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.2145
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of EST, 1(2), 86–101.
Hadi, A. (1998). Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan, 2.
Metode Penelitian: Suatu pendekatan proposal / Mardalis | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved November 18, 2022, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=661799
Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saputra, A. A., & Astuti, B. (2018). Hubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Saputra, A. A., Saputra, A., & Permatasari, I. (2017). Kompetensi Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Kepada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Solikah, A. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan: Studi Multi Situs di MI Darul Muta�alimin Patianrowo Nganjuk, MI Muhammadiyah 1 Pare dan SD Katolik Frateran 1 Kota Kediri. Didaktika Religia, 2(1).
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Sunarsih, T. (2010). Hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Stikes A. Yani Yogyakarta [PhD Thesis]. Universitas Sebelas Maret.
Tanjung, Y., Astuti, B., & Arisandi, A. (2019). Influence of Group Guidance with Discussion Techniques on Local Learning Interest. KnE Social Sciences, 377–388.
Wahid, A., Arifin, M. Z., & Adawiyah, R. (2022). Values of Moral Education in The Story of Hijrah Prophet Muhammad SAW. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 75–88. https://doi.org/10.25217/cie.v2i1.2198
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(1), 1–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors full retain the copyright and publishing rights without restrictions of their published works on Cenderawasih Journal of Counseling and Education under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
In case, the article was jointly prepared by more than single author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
The author(s) whose names are listed in their manuscript also declared that they have no conflict of interest and indicate agreement that the all information in their article is true and correct.