Mendorong Semangat Belajar: Peningkatan Motivasi melalui Metode Debat dalam Pembelajaran PPKn

Authors

  • Roza Karmila SMA Negeri 3 Kota Solok

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.2564

Keywords:

Metode Debat, Motivasi, Efektifitas Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran PPKn   Di Kelas XII MIPA.6  SMAN 3  Solok masih kurang bervariasi dan di dominasi oleh guru, sehingga siswa pasif dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Dalam penerapan metode diskusi masih kurangnya kemampuan siswa dalam berargumentasi, kurangnya keterlibatan dalam aktifitas pembelajaran diindikasi sebagai rendahnya motivasi belajar peserta didik. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan motivasi dan efektifitas pembelajaran PPKn dengan metode debat  di kelas XII MIPA.6  SMAN 3  Solok.  Hasil analisis data penelitian terjadinya peningkatan sebesar rata-rata skor motivasi 23,5% dan peningkatan hasil belajar baik aspek pengetahuan dan keterampilan. Efektifitas pembelajaran aspek pengetahuan hasil analisis hasil rata-rata  sebesar 0,36 dengan kategori sedang, analisis ketuntasan belajar  0,89 kategori Tinggi sedangkan efektifitas pembelajaran aspek keterampilan hasil analisis rata-rata  0,33 dengan kategori sedang dan analisis ketuntasan belajar 0,86 kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.Jakarta: Bestari Buana Murni

Aldo Regeryo Evans Panganton, dkk. 2022. Hubungan Antara Pembelajaran Andragogi dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Cenderawasih Journal of Counseling and Education

Andy Candra Lesmana Putra, 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMAN I Mojosari

Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian,Jakarta :Rineka Cipta

Effendi, Sofian. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES

Ganeswari Arumpoko, 2017. Keefektifan Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD N Adiwerna 01 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad, 2014.Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM .Jakarta : PT Bumi Aksara Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor : Ghalia Indonesia.

Ita Surityanti, 2014. Keefektifan Penerapan Metode Debat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Petinggen Yogyakarta Abstrak https://r.search.yahoo.com/_-keefektifan-penerapan-metode-debat-motivasi-belajar-petinggen-yogyakarta.diakses tanggal 25 Juli 2022

Komalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Mulyasa, 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nuraeni , 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif. Skripsi FMIP UPI http://repository.upi.edu/382/9/S_KOM_0902040_ BIBLIOGRPHY.pdf diakses tanggal 25 Juli 2022

Roestiyah N.K. 2012.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Semi, Atar.2008. Terampil Berdiskusi dan Berdebat.Bandung: Titian Ilmu.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZ Media.

Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung: Nusa Media

Wicaksono, A. 2008.Efektivitas Pembelajaran .Bandumg : Agung

Published

2023-07-26