Mendorong Semangat Belajar: Peningkatan Motivasi melalui Metode Debat dalam Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.2564Keywords:
Metode Debat, Motivasi, Efektifitas BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran PPKn  Di Kelas XII MIPA.6 SMAN 3 Solok masih kurang bervariasi dan di dominasi oleh guru, sehingga siswa pasif dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Dalam penerapan metode diskusi masih kurangnya kemampuan siswa dalam berargumentasi, kurangnya keterlibatan dalam aktifitas pembelajaran diindikasi sebagai rendahnya motivasi belajar peserta didik. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan motivasi dan efektifitas pembelajaran PPKn dengan metode debat di kelas XII MIPA.6 SMAN 3 Solok. Hasil analisis data penelitian terjadinya peningkatan sebesar rata-rata skor motivasi 23,5% dan peningkatan hasil belajar baik aspek pengetahuan dan keterampilan. Efektifitas pembelajaran aspek pengetahuan hasil analisis hasil rata-rata sebesar 0,36 dengan kategori sedang, analisis ketuntasan belajar 0,89 kategori Tinggi sedangkan efektifitas pembelajaran aspek keterampilan hasil analisis rata-rata 0,33 dengan kategori sedang dan analisis ketuntasan belajar 0,86 kategori tinggi.
Downloads
References
Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.Jakarta: Bestari Buana Murni
Aldo Regeryo Evans Panganton, dkk. 2022. Hubungan Antara Pembelajaran Andragogi dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Cenderawasih Journal of Counseling and Education
Andy Candra Lesmana Putra, 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMAN I Mojosari
Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian,Jakarta :Rineka Cipta
Effendi, Sofian. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES
Ganeswari Arumpoko, 2017. Keefektifan Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD N Adiwerna 01 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad, 2014.Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM .Jakarta : PT Bumi Aksara Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor : Ghalia Indonesia.
Ita Surityanti, 2014. Keefektifan Penerapan Metode Debat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Petinggen Yogyakarta Abstrak https://r.search.yahoo.com/_-keefektifan-penerapan-metode-debat-motivasi-belajar-petinggen-yogyakarta.diakses tanggal 25 Juli 2022
Komalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Mulyasa, 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Nuraeni , 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif. Skripsi FMIP UPI http://repository.upi.edu/382/9/S_KOM_0902040_ BIBLIOGRPHY.pdf diakses tanggal 25 Juli 2022
Roestiyah N.K. 2012.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Semi, Atar.2008. Terampil Berdiskusi dan Berdebat.Bandung: Titian Ilmu.
Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZ Media.
Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung: Nusa Media
Wicaksono, A. 2008.Efektivitas Pembelajaran .Bandumg : Agung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors full retain the copyright and publishing rights without restrictions of their published works on Cenderawasih Journal of Counseling and Education under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
In case, the article was jointly prepared by more than single author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
The author(s) whose names are listed in their manuscript also declared that they have no conflict of interest and indicate agreement that the all information in their article is true and correct.