Memperkuat Keterampilan Pemecahan Masalah Ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Melalui Kunjungan Rumah
DOI:
https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.3133Keywords:
Masalah, Solusi, Kunjungan Rumah, Ibu Kader Muda, EfektivitasAbstract
Para kader pembangunan bangsa perlu memiliki kemampuan akademik dan mampu membantu masyarakat dalam memecahkan masalah. Dengan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui kegiatan kunjungan rumah, para Ibu pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) dapat lebih efektif dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menguji efektivitas kegiatan pendukung kunjungan rumah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah ibu-ibu PKK dalam penanganan masalah remaja di rumah. Pengabdian masyarakat ini melibatkan 43 ibu dalam dua kelompok usia. Pengabdian masyarakat ini menggunakan skala pemecahan masalah untuk mengumpulkan data. Analisis deskriptif dan uji Wilcoxon digunakan sebagai teknik dalam menganalisis data pengabdian masyarakat ini. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah dilakukan kegiatan pendukung kunjungan rumah. Implikasinya adalah para ibu kader dapat menggunakan kunjungan rumah sebagai sarana meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah.Â
Downloads
References
Ali, M. (2011). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.
Andriyani, J. (2016). Korelasi peran keluarga terhadap penyesuaian diri remaja. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).
Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional. (2012). Pengelolaan Bina Keluarga Remaja (BKR). 1–74.
Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model, Fundamentals Measurement in the Human Science (3rd edition). Routledge.
Damayanti, R. S., Sovitriana, R., Nilawati, E., & Widyayani, F. A. (2018). Konformitas Dan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresi Siswa Smk Di Jakarta Timur. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(3), 74–79.
Dermawan, A. C., Susanti, R. D., & Suheri, B. (2018). Aplikasi Komunikasi Asertif Berbudaya (AKRAB) Sebagai Salah Satu Upaya Dalam Mewujudkan Remaja Sehat, Hebat, Dan Bermanfaat. JSS (Jurnal Scientific Solutem), 1(1), 30–38.
Dinihari, Y., A’ini, Z. F., & Solihatun, S. (2019). Pemberdayaan Kader Posyandu Melalui Penerapan Metode Konseling Gizi Dan Komunikasi Efektif Pada Kader Posyandu Kelurhan Pademangan Barat Jakarta Utara. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–45.
Gass, S. (2010). Experimental research. Continuum Companion to Research Methods in Applied Linguistics, 7–21.
Goss-Sampson, M. (2019). Statistical analysis in JASP: A guide for students. University of Greenwich.
Jonassen, D. H. (2000). Toward a design theory of problem solving. Educational Technology Research and Development, 48(4), 63–85.
Khotimah, N., Ghufron, A., Aryekti, K., & Sugiharti, S. (2017). Pengembangan keterpaduan bina keluarga remaja dan pusat informasi konseling remaja di wilayah perdesaan dan perkotaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 15(1).
Larson, R. (2006). Positive youth development, willful adolescents, and mentoring. Journal of Community Psychology, 34(6), 677–689.
Linacre, J. M. (2011). A User’s Guide to WINSTEPS Ministeps Rasch-Model Computer Programs. https://doi.org/ISBN 0-941938-03-4
Luddin, A. B. M. (2010). Dasar dasar konseling. Perdana Publishing.
Mahruliana, N. C., Hariyani, H., & Syahputra, Y. (2020). Problem solving for women victims of domestic violence: Descriptive analysis with JASP based on demographics. Psychocentrum Review, 2(2), 56–68.
McNaughton, D. B. (2000). A synthesis of qualitative home visiting research. Public Health Nursing, 17(6), 405–414.
Prayitno, A. E. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmawati, F. (2013). Hubungan Kematangan emosi dengan konformitas pada remaja. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).
Rahman, F. (2018). Bentuk Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Anggota Keluarga Warga Bina Sosial Penyalahguna Napza Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya Ii Dinas Sosial Dki Jakarta. Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
Santrock, J. W. (2003). Perkembangan remaja edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Solihatun, S., Dinihari, Y., & Wiyanti, E. (2019). Penggunaan Layanan Penguasaan Konten Dengan Pemanfaatan Bahan Rumah Tangga Bagi Lansia Jakarta Utara. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).
Solihatun, S., Stevani, H., & Folastri, S. (2021). Kontribusi Kunjungan Rumah terhadap Kesulitan Belajar Siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 127–141.
Steede, K. (2007). 10 Kesalahan Orangtua Dalam Mendidik Anak. Tangga Pustaka.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.
Suyuti, M. (2021). Peran Kelompok Bina Keluarga Remaja Dalam Membina Remaja Di Kampung KB Bahari Kelurahan Lappa. Jurnal Ilmiah Administrasita’, 12(2), 160–173.
Syahputra, Y., Neviyarni, N., Netrawati, N., Karneli, Y., & Hariyani, H. (2019). Analisis Transaksional dalam Setting Kelompok. Jurnal Bimbingan Dan Konseling AR-RAHMAN, 5(2), 123–130.
Syahputra, Y., Rangka, I. B., Solihatun, S., Folastri, S., & Oktasari, M. (2020). Mengukur Sifat Psikometri Phubbing Scale (PS): Rasch Measurement Tool (RMS). In Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020, 120–128.
Syahputra, Y., Sandjaja, S. S., Alizamar, A., Afdal, A., & Erwinda, L. (2022). Using Rasch Model to Understand Psychometric Properties of Junior Students Aggressive Behavior Inventory (J-SABI). Jurnal Psikologi, 15(2), 253–268.
Taubah, M. (2015). Pendidikan anak dalam keluarga perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109–136.
Wahyuni, M., Ilyas, A., & Yusri, Y. (2013). Pelaksanaan Kunjungan Rumah Oleh Guru Bk/Konselor Di Sma Negeri Kota Padang. Konselor, 2(2).
Wasik, B. H., & Bryant, D. M. (2001). Home visiting: Procedures for helping families. Sage publications.
Wong Donna, L. (2004). Pedoman Klinis keperawatan pediatrik. Jakarta, EGC.
Yusuf, S., Saripah, I., & Agustin, M. (2010). Bimbingan Etika Pergaulan Bagi Pengembangan Karakter Remaja. Bandung: Rizqi press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors full retain the copyright and publishing rights without restrictions of their published works on Cenderawasih Journal of Counseling and Education under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
In case, the article was jointly prepared by more than single author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
The author(s) whose names are listed in their manuscript also declared that they have no conflict of interest and indicate agreement that the all information in their article is true and correct.