This is an outdated version published on 2023-07-26. Read the most recent version.

Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih Provinsi Papua

Authors

  • Yulius Mataputun FKIP, Universitas Cenderawasih,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.3827

Keywords:

Gaya Belajar, Mahasiswa, Deskriptif

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis gaya belajar (visual, auditori, kinestetik, global, dan analitik) mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN Angkatan 2021/2022 & 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengambil sampel total yakni mahasiswa angkatan 2021/2022 berjumlah 18 orang dan angkatan 2022/2023 57 orang mahasiswa. Penjaringan data melalui angket sifatnya tertutup. data dianalis dengan statistic deskriptif yaitu dengan persentae(%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya mahasiswa program Studi S1 Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN angkatan 2021/2022 & 2022/2023 bergaya belajar analitik. Lebih dari separoh (52 % mahasiswa angkatan 2021/2022 bergaya belajar analitik;  44 % bergaya belajar kinestetik; 40 % bergaya belajar auditori; 38% bergaya belajar global; dan 32% bergaya belajar visual. Sedangkan mahasiswa angkatan 2022/2023 juga memiliki persentase yang relatif sama, yanitu lebih dari separoh (58 %) mahasiswa  bergaya belajar analitik;  49 % gaya belajar auditori; 48 % gaya belajar kinestetik; dan 42 % bergaya visual dan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki, (2001) Quantum Learning diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman dengan judul yang sama Cet. XII; Bandung: Kaifa.

Brown, H. D. (2000). 'Principles of Language Teaching and Learning,'' (4th ed.). White Plains, NY: Longman.

Djamaluddin, A & Wardana (2019). Belajar dan Pembelajaran. jakarata: CV. Kaaffah Learning Center,

Gusmaweti dan Wince, H 2021. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi di Masa New Normal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 4 (1):31-39.

Papilaya, O & Neleke, H. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP. 15 (1): 56-63

Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 9 (2): 141-158.

Rahmana (tanpa tahun) Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jambura Edu Biosfer Journal (l (xxxx) x (x): 1-5.

Riyanto, Y. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press

Riyanto, Y. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syofyan, H. (2016). Identifikasi Gaya Belajar mahasiswa PRODI Pendidikan Guru Sekolah dasar Usiversitas Esa Unggu. Eduscience. 1 (2) : 70-79

Tanta, (2010) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Biologi Universitas Cenderawasih. KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar. 1 (1): 7-21.

Usman. (2016). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Terhadap Model dan strategi Pembelajaran Dosen. Jurnal Studi Pendidikan. XIV (2): 111-125

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wahyudi, W. 2016 Gaya Belajar Mahasiswa (Studi Lapangan di Program Pascasarjana IAIN “SMH” Banten). ALQALAM. 33 (1): 105-120.

Wahab, G. & Rosnawati (2020). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Wawan (2016). Gaya Belajar Mahasiswa. ALQALAM. 33 (1): 105-120

Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD.

Published

2023-07-26

Versions