PEMANFAATAN ALAT PERAGA PRAKTIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN LISTRIK DAN GETARAN

Authors

  • Albert Lumbu Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cenderawasih, Jayapura
  • Florentina Maria Panda Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cenderawasih, Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.31957/.v5i2.1582

Abstract

Learning is a complex proces, involving many component inside. One of the component that play a bigest role in learning is the teacher. Teacther has three main roles; as a designer, an executor, and an evaluator. This activity aims to 1) Give train to teacher and student to construct the props for electricity ad it vibration; 2) Develop the understanding of student regarding electricity and vibration subject; 3) Improving teachers ability to use contextual approach in physics learning. The activity conducted at SMA Yapis Nimbokranmg, Jayapura regency. Training is the method use for this activity.

Keywords: : Experiment props, contextual approach, electricity and vibration

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Albert Lumbu, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cenderawasih, Jayapura

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cenderawasih, Jayapura

Florentina Maria Panda, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cenderawasih, Jayapura

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Cenderawasih, Jayapura

References

Djamarah Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah kementerian Pendidikan dan Kebudayan. 2011. Panduan Pembuatan Alat Peraga Fisika Sederhana untuk SMA

Marten Kanginan. 2016. Fisika Untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta ; GP Press Group

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Gulo Murnilah. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Gerak Melingkar Di Kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Wahana Inovasi, Volume 6, Nomor 1, halaman 1-14

Ayomi Prasetyarini, Fatmaryanti S. Desy, Akhdinirwanto R. Wakhid. (2014). Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Bulus Pesantren Kebumen

Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi, Volume 2, Nomor 1, Halaman 7-10.

Budiman, A., Inggriani, A.S., Prasetyo, Y.A. Fauziah, Septiana, N . (2016). Model Pembelajaran Ipa Dengan Alat Peraga Sederhana

Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Siswa di Mts Ma’arif Cikeruh. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Volume 5, Nomor 1, halaman 56-60.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles