ANALISIS PENGELOLAAN DANA PEMERINTAH DAERAH DAN KINERJA KEUANGAN PT BANK PAPUA

Authors

  • Hyronimuz Marthin Resubun Universitas Cenderawasih
  • Adolf Z.D Siahay
  • Maylen K.P Kambuaya

DOI:

https://doi.org/10.52062/keuda.v7i3.2492

Abstract

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua merupakan suatu kesatuan yang tidak terlepas dengan perekonomian daerah. Hubungan ini terlihat dari nama daerah asal yang selalu melekat pada tempat BPD didirikan. Lahirnya BPD Papua difungsikan sebagai agen pendorong pembangunan di daerah (regional agent of development). BPD Papua diarahkan untuk menopang pembangunan infrastruktur, UMKM, pertanian, dan kegiatan ekonomi lainnya melalui aktivitasnya sebagai lembaga intermediasi dalam rangka pembangunan daerah. BPD Papua dituntut tetap memainkan peran dalam memberikan fasilitas dana pembangunan daerah, baik proyek investasi maupun modal kerja. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh Annual Report Bank Papua dari tahun 2020 - 2021 yang sudah dipublikasi berupa laporan keuangan. Laporan Tahunan PT Bank Pembangunan Daerah Papua (“Bank Papuaâ€) tahun 2021 ini memuat pernyataan kondisi keuangan, hasil operasi, kebijakan, proyeksi, rencana, strategi, serta tujuan Bank Papua yang digolongkan sebagai pernyataan ke depan dalam pelaksanaan perundang-undangan yang berlaku, kecuali hal-hal yang bersifat historis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2007). Kinerja Efisiensi Pada Bank Umum. 2.

Adisasmita, R. (2011). Pengelolaan Pendapatan & Anggaran Daerah.

Afriyeni, M. M. (2019). Analisis Rasio Rentabilitas Pada PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat Cabang Utama Padang.

Azhari; Wahyu Ramadhani Watimena. (2006). Pengembangan Perangkat Lunak Agen Cerdas Untuk Analisis Kelayakan Keuangan Perusahaan Terhadap Pemberian Kredit Perbankan. Section SNATI 2006: Bidang Bisnis & Manajemen.

Budiman1 , Lilis Sulastri2 , Agus Joharudin3 (2020) Kajian Dan Advis Penyertaan Modal Daerah Pada PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Garut UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bernstein, L. A. (1989). Pengertian Analisis Laporan Keuangan.

Danuri dan Siti Maisaroh. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. C (ed.)). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Endah Tri Lestari; Zulfa Irawati. (2013). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangam Pada BMT Syari’ah Surya Dana Makmur Di Tulung Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herna Maulizar; M. Rasyidin; Sri Wahyuni. (2017). Pengaruh Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Bank Aceh. Jurnal Akuntansi Dan Pembangunan, Volume 3.

Lex Donaldson; James H. Davis. (1991). Stewardship Theory or Agency Theory: CEO Governance and Shareholder Returns. Australian Journal of Management, 49–64.

Lukviarman, V. R. P. N. (2008). Pengukuran Kinerja Bank Komersial Dengan Pendekatan Efisiensi : Studi Terhadap Perbankan Go-Public Di Indonesia. 12.

Mahmudi. (2009). Reformasi Keuangan Negara dan Daerah Di Era Otonomi.

Siagian, M. S. (2006). Analisis Kinerja Bank Pemerintah dan Bank Swasta dengan Metode EVA dan MVA terhadap Return Saham. Jurnal Akuntansi, 6, 97–104.

Wardana. (2013). Analisis Tingkat Efisiensi Perbankan Dengan Pendekatan Non Parametik Data Envelopment Analysis (DEA).

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles