PENGARUH KINERJA GURU, KOMPETENSI GURU, SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SMK KELOMPOK BISNIS DAN MANAJEMEN DI KOTA JAYAPURA

Bernard Makmaker

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru, kompetensi guru, sarana dan prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional sebab akibat, yaitu untuk menguji hipotesis pengaruh kinerja guru, kompetensi guru, sarana dan prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa sebagai responden. Metode pengumpulan data penelitian melalui angket, observasi dan dokumentasi. Sehingga, analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 52,9%; (2) terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 42,5%; (3) terdapat pengaruh sarana dan prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 41,6%; (4) terdapat pengaruh kinerja guru dan kompetensi guru secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 71,9%; (5) terdapat pengaruh kinerja guru dan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 71,9%; (6) terdapat pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 51,8%; (7) terdapat pengaruh kinerja guru, kompetensi guru, dan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 62,8%. Model persamaan regersi linier ganda dalam penelitian ini adalah: , dengan X1 adalah kinerja guru, X2 adalah kompetensi guru, X3 adalah sarana dan prasarana pembelajaran; dan Y adalah prestasi belajar peserta didik. 

Kata Kunci: Kinerja Guru, Kompetensi Guru, Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Dinas Pendidikan Kota Jayapura. 2013. Data Nominatif Guru SMK di Kota Jayapura Tahun Ajaran 2013/2014.

Riduwan. 2005. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, CV.

Saondi, O. dan Suherman, A. 2009. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refikan Aditama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta. CV.

Wibowo, A. dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, A.G. 2012. Aplikasi SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.