KAJIAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SARMI

Ismail Thalib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen berbasis sekolah dari pilar penguatan manajemen ditinjau dari aspek pemberdayaan, transparansi, akuntabilitas, dan kreativitas kepala sekolah. Fokus penelitian ini pada: (1) Manajemen pemberdayaan guru, tata usaha, siswa, dan komite sekolah oleh kepala sekolah. (2) Sikap transparansi manajemen kepala sekolah. (3) Akuntabilitas manajemen kepala sekolah dalam penggunaan dana. (4) kreativitas kepala sekolah dalam memajukan SMA Negeri 1 Sarmi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan sumber data adalah kepala sekolah, guru-guru, tata usaha, siswa, dan orang tua siswa atau komite sekolah. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pemberdayaan guru, tata usaha, siswa, dan orang tua siswa atau komite sekolah dalam kerangka manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Sarmi masih dikategorikan kurang. (2) Sikap transparansi dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan penggunaan dana kepala sekolah dapat dikatakan masih kurang, karena tidak melibatkan semua stakeholder baik warga sekolah maupun warga luar sekolah. (3) Akuntabilitas manajemen kepala sekolah dalam penggunaan dana juga masih dirasakan kurang oleh sebagian warga sekolah dan orang tua siswa dalam hal ini komite sekolah. (4) Kurang adanya kreativitas secara nyata berupa program atau langkah kongkrit untuk mengatasi masalah kedisiplinan baik siswa, guru, dan tata usaha (5) Hasil kajian manajemen berbasis sekolah menunjukkan dari empat aspek tersebut masih kurang artinya manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 SarmiĀ  belum dilaksanakan.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, SMA, Kabupaten Sarmi


Full Text:

PDF

References


Burhanuddin, H. Ali Imron. & Maisyaroh. 2002. Manajemen Pendidikan: Wacana, Proses, dan Aplikasinya di Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.