POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK YPPK BINTANG KECIL ABEPURA JAYAPURA

Authors

  • Agustinus Tandilo Mamma PGPAUD FKIP UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di TK YPPK Bintang Kecil Abepura Jayapura. Pola asuh otoriter adalah suatu jenis bentuk pola asuh yang menuntut agar anak patuh dan tunduk terhadap semua perintah serta aturan yang dibuat oleh orang tua tanpa ada kebebasan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat sendiri.Dampak pola asuh otoriter adalah anak menjadi susah bergaul dengan anak lain akibat terlalu banyaknya perintah atau tuntutan dari tuntutan dari orang tua mereka. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku sosial anak, untuk mengetahui besarnya pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku sosial anak kelompok B di TK YPPK Bintang Kecil Abepura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, dan mengoperasikan perhitungan menggunakan program SPSS 21. Penelitian ini dilaksanakan di TK YPPK Bintang kecil Abepura, dengan mengambil populasi sebanyak 120 orang, dengan mengambil sampel 32 orang menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keadaan pola asuh otoriter orang tua di TK YPPK Bintang Kecil Abepura termasuk keadaan kategori cukup baik  (2,7), perilaku sosial  berada pada kategori cukup baik (2,8), terhadap pengaruh signifikan, pengaruh pola asuh otoriter oran tua terhadap perilaku sosial anak dengan koefisien determinasi 0,897 atau 89,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah terbukti ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap perilaku sosial anak kelompok B di TK YPPK Bintang Kecil Abepura.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.  Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Dariyo Agoes.2014. Psikologi Perkembangan Remaja.Bojongkerta :Ghalia Indonesia. Cetakan pertama: April 2014.

 

Danar Santi. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktik).

 

Hurloc B. Elizabeth. 1978.PerkembanganAnak.Gelora Aksara Pratama.Erlangga.

 

Mulyani Novi, 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: kalimedia.Cetakan, 1. 2016.

 

Mataputun Yulius. 2013. pendidikan anak dalam keluarga. Jayapura:FKIP.

 

Martinus Yamin. dkk, 2013. Panduan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini).

 

Partino, H.R. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Pustaka Mahasiswa. Cetakan kedua 2007.

 

Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta :Bumi Aksara. Cetakan, 1 2017.

 

Supranto.J.2001. Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi 6 Cetakan 1, Erlangga Jakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:  Alfabeta.

 

............... 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:  Alfabeta.

 

Sujiono Nurani Yuliani.2009.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indekscetakan 1.  

 

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

 

Siregar, Syofian.2017. StatiktikParametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Bumi Aksara.  Cetakan, 5 2017

 

Surbakti. 2012. Parenting Anak-anak. Jakarta: Gramedia. Cetakan 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dariyo Agoes. 2014. Psikologi Perkembangan Remaja. Bojongkerta :Ghalia Indonesia. Cetakan pertama: April 2014.

Danar Santi. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktik).

Hurloc B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Gelora Aksara Pratama. Erlangga.

Mulyani Novi, 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: kalimedia.Cetakan, 1. 2016.

Mataputun Yulius. 2013. pendidikan anak dalam keluarga. Jayapura:FKIP.

Martinus Yamin. dkk, 2013. Panduan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini).

Partino, H.R. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Pustaka Mahasiswa. Cetakan kedua 2007.

Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta :Bumi Aksara. Cetakan, 1 2017.

Supranto.J.2001. Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi 6 Cetakan 1, Erlangga Jakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

............... 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono Nurani Yuliani.2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks cetakan 1.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. 2017. Statiktik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Cetakan, 5 2017

Surbakti. 2012. Parenting Anak-anak. Jakarta: Gramedia. Cetakan 1

Yanuarita Andri Franc. 2014. Rahasia Otak dan Kecerdasan Anak. yogyakarta: Teranova Books.

Yamin Martinis, dkk. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : gaung persada Press Group. Cetakan, 1 2013

Downloads

Published

2020-04-25

Issue

Section

Articles