STUDI EVALUASI KINERJA GURU YANG TELAH TERSERTIFIKASI DI SMP NEGERI 2 JAYAPURA KOTA JAYAPURA

Putu Victoria M Risamasu

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang kajian kinerja guru tersertifikasi di SMP Negeri 2 Jayapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di SMP Negeri 2 Jayapura yang mengacu pada 10 kompetensi guru menurut Imron (1995). Metode penelitian ini adalah  penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri 2 Jayapura. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model Mills & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SMP Negeri 2 Jayapura mengacu pada 10 kompetensi guru menurut Imron (1995) secara umum telah terlaksana. Hal ini ditunjukkan dengan 4 kompetensi telah dilakukan oleh semua guru SMP Negeri 2 Jayapura yaitu menyusun program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan dan berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat, 5 kompetensi yang telah dilakukan oleh 1 atau 2 orang guru yaitu mengembangkan kepribadian, menguasai landasan pendidikan, menguasai program pengajaran, menyelenggarakan program bimbingan dan menyelenggarakan administrasi sekolah. Namun masih ditemui satu kompetensi yang belum dilakukan oleh semua guru yaitu menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran.


Full Text:

PDF

References


Ali Imron. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Baruningsih, Palupi. 2011. Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru akuntansi di SMK Se-Kabupaten Sragen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Hamid Hasan. 2011. Evaluasi Kurikulum. Jakarta : P2LPTK.

Husaini Usman. 2011. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan.Yogyakarta: Bumi Aksara

Lembaga Administrasi Negara. 2008. AKIP dan Pengukuran Kinerja. Jakarta:LAN.

Nana Sudjana . 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Nanang Fatah. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Nanang Hanafiah & Nunu Nuchiyah. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta CV. Eko Jaya, 2005

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.