PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KELOMPOK SEBAYA DAN PROFESIONALISME DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE

Yohanes Hendro Pranyoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas belajar, kelompok sebaya dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik St. Yakobus Merauke. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif STK St. Yakobus Merauke pada semester genap tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 77 orang yang sekaligus menjadi sampel penelitian (total sampling). Metode pengumpulan data untuk fasilitas belajar, kelompok sebaya dan profesionalisme dosen dengan penyebaran kuesioner, sedangkan hasil belajar diukur dengan studi dokumen laporan penilaian akhir mahasiswa oleh dosen. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22 for windows.  Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 27,6%, terdapat pengaruh kelompok sebaya terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 33,2%, terdapat pengaruh profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 44,2%, terdapat pengaruh fasilitas belajar dan kelompok sebaya terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 54,9%, terdapat pengaruh fasilitas belajar dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 66,9%, terdapat pengaruh kelompok sebaya dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 47,4%, serta terdapat pengaruh fasilitas belajar, kelompok sebaya dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 69,7%. Saran penelitian ini adalah perlunya penyediaan dan pemanfaatan fasilitas belajar secara optimal, pengawasan (kontrol) dari sekolah dan orangtua terhadap lingkungan pergaulan teman sebaya mahasiswa, peningkatan profesionalisme dosen seperti keterampilan dan variasi penggunaan media, strategi dan metode pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agung Iskandar. 2014. Mengembangkan Profesionalitas Guru. Cibubur: Bee Media.

Agustina. 2006. IQ, Prestasi Belajar Sekolah, dan Kecerdasan Emosional Siswa Remaja. Jurnal Provitae, Vol. 2, No. 2, November 2006. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara Jakarta.

Didin Kurniadin. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, Lang. 2002. Cara Belajar yang Efisien. Bandung: Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth. 2001. Development Psichology. Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press.

Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdayakarya.

Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Oding Supriyadi. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Oemar Hamalik. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Roemintoyo. 2013. Manajemen Kultur Sekolah (Konsep, Operasional dan Temuan-temuan Penelitian). Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Vol. 6 No 2. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudiarja (red). 2006. Karya Lengkap Driyarkara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumadi Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yoris Sebastian. 2010. Oh My Goodness. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zainal Aqib. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.