ANALIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SERTA UPAYA PENGEMBANGANNYA DALAM MENYIKAPI UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 ( STUDI DI SEKOLAH DASAR INPRES MULELE WAMENA KABUPATEN JAYAWIJAYA

Ida Sadi, Leonard Sagisolo, Jan Pieter

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, mengetahui kemampuan guru dalam proses penilaian dan factor penghambat/kendala dalam pelaksanaan kompetensi professional guru. Penelitian dilakukan pada 5 (lima) orang guru SD Inpres Mulele Wamena yang telah tersertifikasi, I (satu) kepala sekolah dan 5 (lima) orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru telah mampu merencanakan proses pembelajaran dengan baik, (2) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran belum optimal (3)
Penilaian yang dilkukan guru belum secara holistik(4). Faktor penghambat pelaksanan kompetensi profesionalisme guru adalah (1) kurangnya kemampuan kepala sekolah dalam melakukan supervis iakademik, (2) kurangnya kemamuan guru untuk mmengembankan kompetensi profesional dalam dirinya (3) minimya pelatihan dari dinas terkait dalam rangka pengembangan kompetensi profesinal guru.

 

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan 

Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.