MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK en-US jurnalmapendik@gmail.com (Yan Hutahaen) remuzbertho3@gmail.com (REMUZ) Sat, 25 Apr 2020 08:53:02 +0000 OJS 3.3.0.14 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KINERJA GURU, KOMPETENSI GURU, SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SMK KELOMPOK BISNIS DAN MANAJEMEN DI KOTA JAYAPURA https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1149 <p class="Normal1">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru, kompetensi guru, sarana dan prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional sebab akibat, yaitu untuk menguji hipotesis pengaruh kinerja guru, kompetensi guru, sarana dan prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa sebagai responden. Metode pengumpulan data penelitian melalui angket, observasi dan dokumentasi. Sehingga, analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 52,9%; (2) terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 42,5%; (3) terdapat pengaruh sarana dan prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 41,6%; (4) terdapat pengaruh kinerja guru dan kompetensi guru secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 71,9%; (5) terdapat pengaruh kinerja guru dan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 71,9%; (6) terdapat pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 51,8%; (7) terdapat pengaruh kinerja guru, kompetensi guru, dan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 62,8%. Model persamaan regersi linier ganda dalam penelitian ini adalah: , dengan X<sub>1</sub> adalah kinerja guru, X<sub>2</sub> adalah kompetensi guru, X<sub>3</sub> adalah sarana dan prasarana pembelajaran; dan Y adalah prestasi belajar peserta didik. </p><p class="Normal1"><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Kinerja Guru, Kompetensi Guru, Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar</em><em></em></p> Bernard Makmaker Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1149 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 EVALUASI KINERJA GURU TERSERTIFIKASI DI SMK NEGERI 2 MERAUKE https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1150 <p class="Normal1">Sertifikasi guru tidak hanya bertujuan untuk mendapat sertifikat pendidik saja namun dengan adanya sertifikasi diharapkan kinerja guru akan menjadi lebih baik dan tujuan Pendidikan Nasional akan tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan kinerja; 1) kompetensi pedagogik, 2) kompetensi kepribadian, 3) kompetensi sosial, 4) kinerja kompetensi profesional, 5) faktor-faktor penghambat dan pendukung kinerja kompetensi guru tersertifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini difokuskan pada data kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling selanjutnya dilakukan <em>snowball sampling</em>. Dalam penelitian ini instrument penelitian yang utama adalah peneliti sendiri. Pengujian kredibilitas data pada penelitian ini dilakukan dengan cara; perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi teman sejawat, analisis kasus negatif, <em>member check.</em> aktifitas yang ada dalam analisis data, yaitu: <em>data collection, data reduction, data display, </em>dan<em> conclusion</em>. Hasil penelitian menggambarkan: 1) kinerja kompetensi pedagogik guru tersertifikasi belum seluruhnya berjalan dengan baik. , 2) kinerja kompetensi kepribadian guru tersertifikasi belum seluruhnya berjalan dengan baik, 3) kinerja kompetensi sosial belum berjalan dengan baik, 4) kinerja kompetensi profesional guru belum seluruhnya berjalan dengan baik, 5) Faktor-faktor pendukung: a) Rata-rata guru yang tersertifikasi berlatang belakang pendidikan Sarjana Pendidikan dan juga sudah mengajar pada bidang yang diajarkannya. b) Semua guru yang tersertifikasi sudah pernah membuat perangkat ajar, c) semua guru yang tersertifikasi pernah mendapatkan pelatihan tentang kurikulum KTSP, d) Ada beberapa guru yang menguasai teknologi informasi yang dapat dijadikan sebagai pintu untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknologi informasi. Faktor-faktor penghambat antara lain: a) Guru tersertifikasi belum serius dalam melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. b) kepala sekolah belum serius mengambil suatu tindakan tegas kepada guru yang tidak menjalankan tugasnya, c) wakil kepala sekolah bidang kurikulum tidak menjalankan fungsinya karena merasa rendah sebab banyak guru yang tersertifikasi lebih senior dari masa kerja wakil kepala sekolah bidang kurikulum, d) tidak adanya pengawasan yang terjadwal dari kepala sekolah maupun guru pengawas sekolah dan pengawas dari dinas, e) Guru-guru yang tersertifikasi banyak yang tidak menguasai teknologi informasi yang dapat dijadikan sebagai jembatan ilmu dan pengetahuan berkaitan dengan bidang/mata pelajaran yang dibawakannya.</p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Kinerja kompetensi pedagogik, kinerja kompetensi kepribadian, kinerja kompetensi sosial, dan kinerja kompetensi profesional </em> Cahyono Cahyono Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1150 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 KAJIAN KINERJA KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMA KRISTEN KALAM KUDUS KOTA JAYAPURA https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1151 <p class="Normal1">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: program kerja komite dalam meningkatkan mutu pendidikan; peran dan fungsi komite dalam meningkatkan mutu pendidikan; faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan program-program kerja komite sekolah; dan dampak kinerja komite bagi peningkatan kualitas pendidikan. Jenis penelitian dalam ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Informan yang dijadikan sebagai narasumber adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, pemaparan data (<em>display data</em>), dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) program kerja yang dilakukan oleh komite sekolah telah berjalan dengan efektif, program kerja diantaranya adalah ikut berpartisipasi dalam penyusunan visi, misi dan tujuan sekolah. Aktif melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap proses pembelajaran di sekolah; 2) peran dan fungsi Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah sebagai pihak pemberi pertimbangan terhadap berbagai kebijakan sekolah melalui penetapan visi, misi, tujuan sekolah. Selain itu bentuk peranan dan tugas komite sekolah dalam segi pendanaan; 3) faktor pendukung pelaksanaan program kerja komite sekolah diantaranya adalah terjalinnya komunikasi diantara anggota komite sekolah dan juga dengan pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anggota komite sekolah memiliki kesibukan masing-masing sehingga susah untuk bertemu setiap saat, komunikasi hanya dilakukan melalui telepon; 4) dampak dari program kerja dari komite sekolah adalah: dari segi akademik dapat dilihat lulusan siswa capai 100%; dari segi non akademik sekolah banyak mengikuti perlombaan yang difasilitasi oleh komite sekolah; memperoleh nilai akreditasi A. </p><p class="Normal1"><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Komite Sekolah, Kualitas Pendidikan</em><em> </em><em></em></p> Ester Hehanussa Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1151 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI DIMENSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI I OBAA KABUPATEN MAPPI https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1152 <p class="Normal1">Telah dilakukan penelitian tentang dimensi kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran implementasi tentang: 1) kemampuan pengetahuan, 2) kemampuan personal, 3) kemampuan relasional, 4) kemampuan intelektual, dan 5) kemampuan organisasional kepala sekolah SMA Negeri 1 Obaa Kabupaten Mappi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah informan 9 orang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannnya kepala sekolah SMA Negeri 1 Obaa pada masing-masing dimensi kepemimpinan pendidikan menunjukan hasil sebagai berikut, 1) Implementasi dimensi kemampuan pendidikan kepala sekolah belum berjalan secara maksimal, 2) Implementasi kemampuan relasional kepala sekolah telah dilaksanakan namun belum maksimal, (3) Implementasi dimensi kemampuan personal kepala sekolah masih sangat kurang, (4) Implementasi kemampuan intelektual belum maksimal untuk mengelola perwujudan visi dan misi sekolah, dan 5) Implementasi kemampuan organisasi kepala sekolah belum maksimal. </p><p class="Normal1"><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Implementasi, Dimensi kepemimpinan Kepala Sekolah</em><em>, Kabupaten Mappi</em></p> Jermina H. Risamasu Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1152 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 KAJIAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SARMI https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1155 <p class="Normal1"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen berbasis sekolah dari pilar penguatan manajemen ditinjau dari aspek pemberdayaan, transparansi, akuntabilitas, dan kreativitas kepala sekolah. Fokus penelitian ini pada: (1) Manajemen pemberdayaan guru, tata usaha, siswa, dan komite sekolah oleh kepala sekolah. (2) Sikap transparansi manajemen kepala sekolah. (3) Akuntabilitas manajemen kepala sekolah dalam penggunaan dana.</em><em> </em><em>(4) kreativitas kepala sekolah dalam memajukan SMA Negeri 1 Sarmi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan sumber data adalah kepala sekolah, guru-guru, tata usaha, siswa, dan orang tua siswa atau komite sekolah. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pemberdayaan guru, tata usaha, siswa, dan orang tua siswa atau komite sekolah dalam kerangka manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Sarmi masih dikategorikan kurang. (2) Sikap transparansi dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan penggunaan dana kepala sekolah dapat dikatakan masih kurang, karena tidak melibatkan semua stakeholder baik warga sekolah maupun warga luar sekolah. (3) Akuntabilitas manajemen kepala sekolah dalam penggunaan dana juga masih dirasakan kurang oleh sebagian warga sekolah dan orang tua siswa dalam hal ini komite sekolah. (4) Kurang adanya kreativitas secara nyata berupa program atau langkah kongkrit untuk mengatasi masalah kedisiplinan baik siswa, guru, dan tata usaha (5) Hasil kajian manajemen berbasis sekolah menunjukkan dari empat aspek tersebut masih kurang artinya manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Sarmi belum dilaksanakan</em>.<em></em></p><p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Manajemen Berbasis Sekolah, SMA, Kabupaten Sarmi</em></p> Ismail Thalib Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1155 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK YPPK BINTANG KECIL ABEPURA JAYAPURA https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1159 <p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: 1.0cm; line-height: normal;"><span style="font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-family: Calibri; mso-bidi-theme-font: minor-latin; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-weight: bold;">Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di TK YPPK Bintang Kecil Abepura Jayapura. </span><span style="font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-family: Calibri; mso-bidi-theme-font: minor-latin;" lang="EN-US">Pola asuh otoriter adalah suatu jenis bentuk pola asuh yang menuntut agar anak patuh dan tunduk terhadap semua perintah serta aturan yang dibuat oleh orang tua tanpa ada kebebasan untuk bertanya atau mengemukakan pendapat sendiri.</span><span style="font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-family: Calibri; mso-bidi-theme-font: minor-latin;" lang="EN-US">Dampak pola asuh otoriter adalah anak menjadi susah bergaul dengan anak lain akibat terlalu banyaknya perintah atau tuntutan dari tuntutan dari orang tua mereka.</span><span style="font-size: 10.0pt; mso-bidi-font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-family: Calibri; mso-bidi-theme-font: minor-latin; mso-ansi-language: IN;"> Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku sosial anak, untuk mengetahui besarnya pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku sosial anak kelompok B di TK YPPK Bintang Kecil Abepura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, dan mengoperasikan perhitungan menggunakan program SPSS 21. Penelitian ini dilaksanakan di TK YPPK Bintang kecil Abepura, dengan mengambil populasi sebanyak 120 orang, dengan mengambil sampel 32 orang menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keadaan pola asuh otoriter orang tua di TK YPPK Bintang Kecil Abepura termasuk keadaan kategori cukup baik<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>(2,7), perilaku sosial<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>berada pada kategori cukup baik (2,8), terhadap pengaruh signifikan, pengaruh pola asuh otoriter oran tua terhadap perilaku sosial anak dengan koefisien determinasi 0,897 atau 89,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah terbukti ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap perilaku sosial anak kelompok B di TK YPPK Bintang Kecil Abepura.</span></p><!--[if gte mso 9]><xml> <o:OfficeDocumentSettings> <o:RelyOnVML/> <o:AllowPNG/> </o:OfficeDocumentSettings> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:WordDocument> <w:View>Normal</w:View> <w:Zoom>0</w:Zoom> <w:TrackMoves/> <w:TrackFormatting/> <w:PunctuationKerning/> <w:ValidateAgainstSchemas/> <w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid> <w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent> <w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText> <w:DoNotPromoteQF/> <w:LidThemeOther>EN-US</w:LidThemeOther> <w:LidThemeAsian>X-NONE</w:LidThemeAsian> <w:LidThemeComplexScript>X-NONE</w:LidThemeComplexScript> <w:Compatibility> <w:BreakWrappedTables/> <w:SnapToGridInCell/> <w:WrapTextWithPunct/> <w:UseAsianBreakRules/> <w:DontGrowAutofit/> <w:SplitPgBreakAndParaMark/> <w:EnableOpenTypeKerning/> <w:DontFlipMirrorIndents/> <w:OverrideTableStyleHps/> <w:UseFELayout/> </w:Compatibility> <m:mathPr> <m:mathFont m:val="Cambria Math"/> <m:brkBin m:val="before"/> <m:brkBinSub m:val="&#45;-"/> <m:smallFrac m:val="off"/> <m:dispDef/> <m:lMargin m:val="0"/> <m:rMargin m:val="0"/> <m:defJc m:val="centerGroup"/> <m:wrapIndent m:val="1440"/> <m:intLim m:val="subSup"/> <m:naryLim m:val="undOvr"/> </m:mathPr></w:WordDocument> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> <w:LatentStyles DefLockedState="false" DefUnhideWhenUsed="false" DefSemiHidden="false" DefQFormat="false" DefPriority="99" LatentStyleCount="371"> <w:LsdException Locked="false" Priority="0" QFormat="true" Name="Normal"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 7"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 8"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="heading 9"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 6"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 7"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 8"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index 9"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 7"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 8"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toc 9"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Normal Indent"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="footnote text"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="annotation text"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="header"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="footer"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="index heading"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="35" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="caption"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="table of figures"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="envelope address"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="envelope return"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="footnote reference"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="annotation reference"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="line number"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="page number"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="endnote reference"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="endnote text"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="table of authorities"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="macro"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="toa heading"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Bullet"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Number"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Bullet 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Bullet 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Bullet 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Bullet 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Number 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Number 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Number 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Number 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="10" QFormat="true" Name="Title"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Closing"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Signature"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="1" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Default Paragraph Font"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text Indent"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Continue"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Continue 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Continue 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Continue 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="List Continue 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Message Header"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="11" QFormat="true" Name="Subtitle"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Salutation"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Date"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text First Indent"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text First Indent 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Note Heading"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text Indent 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Body Text Indent 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Block Text"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Hyperlink"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="FollowedHyperlink"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="22" QFormat="true" Name="Strong"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="20" QFormat="true" Name="Emphasis"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Document Map"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Plain Text"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="E-mail Signature"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Top of Form"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Bottom of Form"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Normal (Web)"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Acronym"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Address"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Cite"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Code"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Definition"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Keyboard"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Preformatted"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Sample"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Typewriter"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="HTML Variable"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Normal Table"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="annotation subject"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="No List"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Outline List 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Outline List 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Outline List 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Simple 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Simple 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Simple 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Classic 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Classic 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Classic 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Classic 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Colorful 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Colorful 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Colorful 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Columns 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Columns 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Columns 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Columns 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Columns 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 6"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 7"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Grid 8"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 4"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 5"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 6"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 7"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table List 8"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table 3D effects 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table 3D effects 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table 3D effects 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Contemporary"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Elegant"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Professional"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Subtle 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Subtle 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Web 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Web 2"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Web 3"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Balloon Text"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="Table Grid"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Table Theme"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" Name="Placeholder Text"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="1" QFormat="true" Name="No Spacing"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" SemiHidden="true" Name="Revision"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="34" QFormat="true" Name="List Paragraph"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="29" QFormat="true" Name="Quote"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="30" QFormat="true" Name="Intense Quote"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="60" Name="Light Shading Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="61" Name="Light List Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="62" Name="Light Grid Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="63" Name="Medium Shading 1 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="64" Name="Medium Shading 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="65" Name="Medium List 1 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="66" Name="Medium List 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="67" Name="Medium Grid 1 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="68" Name="Medium Grid 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="69" Name="Medium Grid 3 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="70" Name="Dark List Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="71" Name="Colorful Shading Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="72" Name="Colorful List Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="73" Name="Colorful Grid Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="19" QFormat="true" Name="Subtle Emphasis"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="21" QFormat="true" Name="Intense Emphasis"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="31" QFormat="true" Name="Subtle Reference"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="32" QFormat="true" Name="Intense Reference"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="33" QFormat="true" Name="Book Title"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="37" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" Name="Bibliography"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="39" SemiHidden="true" UnhideWhenUsed="true" QFormat="true" Name="TOC Heading"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="41" Name="Plain Table 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="42" Name="Plain Table 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="43" Name="Plain Table 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="44" Name="Plain Table 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="45" Name="Plain Table 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="40" Name="Grid Table Light"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="Grid Table 1 Light Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="Grid Table 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="Grid Table 3 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="Grid Table 4 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="Grid Table 5 Dark Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="Grid Table 6 Colorful Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="Grid Table 7 Colorful Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4 Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful Accent 1"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4 Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful Accent 2"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4 Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful Accent 3"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4 Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful Accent 4"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4 Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful Accent 5"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="46" Name="List Table 1 Light Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="47" Name="List Table 2 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="48" Name="List Table 3 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="49" Name="List Table 4 Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="50" Name="List Table 5 Dark Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="51" Name="List Table 6 Colorful Accent 6"/> <w:LsdException Locked="false" Priority="52" Name="List Table 7 Colorful Accent 6"/> </w:LatentStyles> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]--><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-weight: bold;">Arikunto, Suharsimi. 2008. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik</em>.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Jakarta: PT Rineka Cipta.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Dariyo Agoes.</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">2014. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Psikologi Perkembangan Remaja.</em></span><em style="mso-bidi-font-style: normal;"></em><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Bojongkerta :Ghalia Indonesia. Cetakan pertama: April 2014.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">Danar Santi. 2009. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Pendidikan Anak Usia Dini (Antara Teori dan Praktik). </em></span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Hurloc B. Elizabeth. 1978.</span><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Perkembangan</span></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Anak.</span></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"></em><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Gelora Aksara Pratama.</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Erlangga.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Mulyani Novi, 2016. Dasar<em style="mso-bidi-font-style: normal;">-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.</em> Yogyakarta: kalimedia.Cetakan, 1. 2016.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">Mataputun Yulius. 2013. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">pendidikan anak dalam keluarga.</em></span><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US"> Jayapura</span></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">:</span></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">FKIP</span></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">.</span></em></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; color: black; mso-themecolor: text1; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; color: black; mso-themecolor: text1; mso-ansi-language: IN;">Martinus Yamin. dkk, 2013. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Panduan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini).</em></span><em style="mso-bidi-font-style: normal;"></em></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">Partino, H.R. 2007. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Metodologi Penelitian Kuantitatif. </em>Jogjakarta: Pustaka Mahasiswa. Cetakan kedua 2007.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Susanto Ahmad. 2017. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori)</em>. Jakarta :Bumi Aksara. Cetakan, 1 2017.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">Supranto.J.2001<em style="mso-bidi-font-style: normal;">. Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi 6 Cetakan 1, Erlangga Jakarta</em>.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">Sugiyono. 2006. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif</em> dan R &amp; D. Bandung: <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Alfabeta.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">............... 2012. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif</em> dan R &amp; D. Bandung: <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Alfabeta.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Sujiono Nurani Yuliani.2009.</span><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini</span></em><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">. Jakarta: Indeks</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">cetakan 1</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">. </span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;"><span style="mso-spacerun: yes;"> </span></span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Slameto. 2001. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Evaluasi Pendidikan. </em>Jakarta: PT Bumi Aksara.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Siregar</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">, </span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Syofian.</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">2017. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Statiktik</em></span><em style="mso-bidi-font-style: normal;"></em><em style="mso-bidi-font-style: normal;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif</span></em><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">. Jakarta:</span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Bumi Aksara. </span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;" lang="EN-US"><span style="mso-spacerun: yes;"> </span></span><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi;" lang="EN-US">Cetakan, 5 2017</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;">Surbakti. 2012. <em style="mso-bidi-font-style: normal;">Parenting Anak-anak. </em>Jakarta: Gramedia. Cetakan 1</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style="margin-top: 0cm; margin-right: 0cm; margin-bottom: .0001pt; margin-left: 1.0cm; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; text-indent: -1.0cm; line-height: normal; tab-stops: 344.15pt;"><span style="mso-bidi-font-family: 'Times New Roman'; mso-bidi-theme-font: major-bidi; mso-ansi-language: IN;"> </span></p><p class="MsoNormal" style= Agustinus Tandilo Mamma Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1159 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP YPPK SANTO MIKAEL MERAUKE KABUPATEN MERAUKE https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1161 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang (1) Implementasi keterampilan konseptual kepala sekolah di SMP YPPK Santo Mikael Merauke, (2) Implementasi keterampilan kemanusiaa kepala sekolah di SMP YPPK Santo Mikael Merauke, (3) Implementasi keterampilan teknis kepala sekolah di SMP YPPK Santo Mikael Merauke, (4) Kendala-kendala yang dialami kepala sekolah dalam mengimplementasikan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMP YPPK Santo Mikael, (5) Dampak implementasi keterampilam manajerial kepala sekolah di SMP YPPK Santo Mikael Merauke.     Jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, yang mengikuti konsep yang diberikan Miles Huberman. Adapaun dalam pengujian kredibilitas data dipergunakan teknik perpanjangan pengamtan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi ( Moleong dan Sugiyono ). Hasil penelitian menggambarkan bahwa, (1) pemahaman keterampilan manajerial konseptual kepala sekolah sungguh dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh staf pendidik seperti dalam perencaaan, pergorganisasian, menentukan kebijakan, pemecahana masalah, dan pengembangan program secara efektif, (2) Implemntasi keterampilan manajerial kemanusiaan kepala sekolah menurut konsepsi anggota staf pendidik Unit SMP YPPK Santo Mikael Merauke dimengerti sebagai suatu aktivitas sekolah yang merupakan antivitas antar manusia yakni kepala sekolah dengan guru, kepala sekolah dengan staf dan pegawai lainnya, kepala sekolah dengan peserta didik, (3) Implemtasi keterampilan teknis, ini dapat dipahami oleh para peserta didik bahwa: keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu misalnya menggunakan program computer dan teknologi internet tetapi tidak menyeluruh menguasainya, (4) Terdapat kendala-kendala penghambat dan penunjang dalam implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah belum staf pendidik bisa dan mampu menggunakan perangkat teknologi,siswa sering terlambat alasan rumah jauh dan siswa sering bolos alasan lapar karena ekonomi keluarga tidak serapan pagi, masyarakat sekitar kurang mendukung dengan cara mencoret dinding dan tembok sekolah, (5) Dampak implementasi keterampilan kepala sekolah sungguh dirasakan oleh semua pihak yang terkait dengan SMP YPPK Santo Mikael Merauke yakni: semua perangkat dibenahi secara bertahap dan semua merasa aman dan damai yakni dengan menciptakan iklim sekolah yang kondusif.</p> Lecia Sarmento Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1161 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 STUDI EVALUASI KINERJA GURU YANG TELAH TERSERTIFIKASI DI SMP NEGERI 2 JAYAPURA KOTA JAYAPURA https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1162 <p>Telah dilakukan penelitian tentang kajian kinerja guru tersertifikasi di SMP Negeri 2 Jayapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di SMP Negeri 2 Jayapura yang mengacu pada 10 kompetensi guru menurut Imron (1995). Metode penelitian ini adalah penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri 2 Jayapura. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model Mills &amp; Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SMP Negeri 2 Jayapura mengacu pada 10 kompetensi guru menurut Imron (1995) secara umum telah terlaksana. Hal ini ditunjukkan dengan 4 kompetensi telah dilakukan oleh semua guru SMP Negeri 2 Jayapura yaitu menyusun program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan dan berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat, 5 kompetensi yang telah dilakukan oleh 1 atau 2 orang guru yaitu mengembangkan kepribadian, menguasai landasan pendidikan, menguasai program pengajaran, menyelenggarakan program bimbingan dan menyelenggarakan administrasi sekolah. Namun masih ditemui satu kompetensi yang belum dilakukan oleh semua guru yaitu menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran.</p> Putu Victoria M Risamasu Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1162 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PENILAIAN 3K (KERAJINAN, KERAPIAN DAN KELAKUAN) TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP YPK EBENHAEZER KABUPATEN MIMIKA https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1163 This research aims to reveal the effectiveness of the implementation of the application of valuation models kerajianan, neatness and behavior of the character of students in junior YPK Ebenhaezer Timika. Application of Model Assessment 3K effective when the application is said to have an impact on the value of the character development of students. This research is descriptive and qualitative and quantitative descriptive data collection was done by observation, using questionnaires and interviews. Observations conducted on 3K assessment questionnaires and interviews made while referring to the characteristics of valuation models 3K. Sources of data in research is the principal, vice principal, student affairs, teacher, student council president, parents of students and chairman PSW YPK in Mimika Regency. The results showed that the effectiveness of the application of valuation models 3K (crafts, neatness and behavior) of the value of the character development of students in the junior category YPK Ebenhaezer be effective based on the assessment of learners violations committed by the NII in student affairs, and homeroom teachers with an average of 87 , 9. 86.5% of respondents stated that the application of students scoring models are very efektik 3K. While 84.5% of respondents stated the parents of students are very effective. Generally means the principal, vice principal, student affairs, and the homeroom teacher has assessed the founder of the foundation with the support of students and parents. Factors to be supporters of the application of valuation models 3K include foundations, parents of students and school staff (teachers and education staff), while that is a barrier in the application of the assessment model 3K limited means of communication with the homeroom parent, student affairs and principals, delegation of authority than coaching students of the homeroom teacher, homeroom teacher to student affairs and student affairs to the principal, teachers' lack of understanding about counseling. Results of the application of valuation models 3K is shape the character of the students, laying the foundation of religious, moral, social learners in schools and communities and bridge the flow of information and globalisi current between the schools with parents. Yoseph Watunglawar Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1163 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000 PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KELOMPOK SEBAYA DAN PROFESIONALISME DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1164 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas belajar, kelompok sebaya dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik St. Yakobus Merauke. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif STK St. Yakobus Merauke pada semester genap tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 77 orang yang sekaligus menjadi sampel penelitian (<em>total sampling</em>). Metode pengumpulan data untuk fasilitas belajar, kelompok sebaya dan profesionalisme dosen dengan penyebaran kuesioner, sedangkan hasil belajar diukur dengan studi dokumen laporan penilaian akhir mahasiswa oleh dosen. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22 <em>for windows</em>. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 27,6%, terdapat pengaruh kelompok sebaya terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 33,2%, terdapat pengaruh profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 44,2%, terdapat pengaruh fasilitas belajar dan kelompok sebaya terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 54,9%, terdapat pengaruh fasilitas belajar dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 66,9%, terdapat pengaruh kelompok sebaya dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 47,4%, serta terdapat pengaruh fasilitas belajar, kelompok sebaya dan profesionalisme dosen terhadap hasil belajar dengan sumbangan sebesar 69,7%. Saran penelitian ini adalah perlunya penyediaan dan pemanfaatan fasilitas belajar secara optimal, pengawasan (kontrol) dari sekolah dan orangtua terhadap lingkungan pergaulan teman sebaya mahasiswa, peningkatan profesionalisme dosen seperti keterampilan dan variasi penggunaan media, strategi dan metode pembelajaran. Yohanes Hendro Pranyoto Copyright (c) 2020 MAPENDIK : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/1164 Sat, 25 Apr 2020 00:00:00 +0000