PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Deri Wulandari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat, Indonesia, Indonesia
  • Pebria Dheni Purnasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang Kalimantan Barat, Indonesia, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-0042-2716

DOI:

https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2274

Kata Kunci:

belajar dari rumah, peran guru, sekolah dasar, hambatan dan tantangan BDR

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang mengumpulkan serangkaian data atau hasil penelitian peneliti lain kemudian dikaji kembali. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengelurakan kebijakan baru yaitu pola pembelajaran online atau BDR. Tujuannya supaya pendidikan tidak berhenti dan tetap berjalan secara efektif dan efisien. Pada umumnya pelaksanaan BDR pada jenjang sekolah dasar sudah menggunakan e-learning yaitu melalui aplikasi Google classroom, video zoom, telepon atau live chat, serta WhatsApp dan aplikasi lainnya. Menanggapi hal ini, peran kepala sekolah, guru dan orang tua menjadi faktor pendukung utama untuk keberhasilan BDR. Namun pada beberapa daerah di perbatasan seperti di Bengkayang, Kalimantan Barat masih ada beberapa sekolah yang belum bisa melaksanakan BDR secara maksimal karena keterbatasan infrastruktur yang tersedia. Selain itu,  faktor penghambat lain yang membuat BDR sulit untuk diimplementasikan yaitu terkait minimnya literasi teknologi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfonso. 2021. Motivasi Belajar Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar Daerah 3t Kabupaten Bengkayang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 133-143.

Asrilia, K., Pribowo, F. S., & Putra, D. A. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaanbelajar Dari Rumah (Bdr)Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Astini, N. K. 2020. jurnallampuhyangPemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL LAMPUHYANGLEMBAGA PENJAMINAN MUTUSTKIP AGAMA HINDU AMLAPURA, 11(2), 13-25.

Astuti, I. Y., & Harun. 2021. Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1463.

Ervi, R., Nur, H., & Joan, P. G. 2021. DAMPAK BELAJAR DARI RUMAH. urnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran,, 5(2), 822-832.

Fieka, A. N. 2020. TANTANGAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN BELAJAR DARI RUMAH. Pusat Penelitian, 7(1).

Firosalia, K. 2018. META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 8(2).

Handayani1, O. D. 2021. Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1754-1763.

Juliantoro, M. 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 5(2).

Jusuf, R., & Maaku, A. 2020. Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado, 14(2), 155-170.

Khairuddin. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah Ditengah Pandemi Copid-19. Jurnal Pendidikan “EDUKASIâ€, 8(2), 171-183.

Khasanah, D. R., Pramudibyanto, H., & Barokah. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1).

Mohamad, T. 2020. PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 166-170.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2).

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. 2021. Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089 -3100.

Rahmadina, F. S., Khairunnisa, F. A., & Firmiana, M. E. 2021. Bentuk Dukungan Orang Tua Pada Anak Usia Dini (AUD) Selama Belajar Dari Rumah (BDR). Jurnal Audhi, 4(1), 18-25.

Rahmaniati, R., Mariani, N., & Usop, D. S. 2021. PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PESERTA DIDIK BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SD ISLAM NURUL IHSAN PALANGKARAYA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 109.

Rupita, Yulianti, Gaffar, Z. H., Rahmaniah, S. E., & Herlan. 2021. COLLABORATIVE GOVERNANCEDALAM PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH PERBATASAN KALIMANTAN BARAT. Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 1(3), 2777-0621.

Saragih, A. A. 2022. Peran Orang Tua terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. JURNAL BASICED, 6(2), 2352 -2360.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. 2020. PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNINGMENGGUNAKANWHASTSAPP SEBAGAI SOLUSI DITENGAH PENYEBARAN COVID-19DI MI NURULHUDA JELU. jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159.

Subianto, J. 2013. PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331-354.

Susanti, W. T., & Ain, S. Q. 2022. Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 9-16.

Susi, P. 2019. PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SECARA ONLINE SELAMA . Jurnal Karya Ilmiah Guru , 5(1), 86-94.

Diterbitkan

2022-07-08

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check