IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 OKSIBIL KABUPATEN PENGUNUNGAN BINTANG PROVINSI PAPUA

https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.2645

Penulis

  • Mexen Saalino Universitas Cenderawasih
  • Yulius Mataputun Universitas Cenderawasih

Kata Kunci:

implementasi, kepemimpinan pembelajaran, kepala sekolah.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam merumuskan dan mensosialisasikan visi-misi sekolah, menerapkan manajemen partisipasi, memberikan dukungan pembelajaran, pemantauan pembelajaran, dan sebagai fasilitator di SMA Negeri 1 Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif rancangan studi kasus. Sumber datanya kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru mata pelajaran, komite sekolah, pengawas dan didukung dengan pengamatan serta pengecekan dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu : reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : secara umum, kepala SMA Negeri 1 Oksibil telah mengimplementasikan kepemimpinan pembelajaran yang diwujudkan melalui kegiatan merumuskan dan mensosialisasika visi-misi pada warga sekolah; melibatkan pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah; memberikan dukungan utama dalam pembelajaran; memantau pelaksanaan proses pembelajaran; memfasilitasi pembinaan guru dalam program PKB guru namun belum optimal dalam melengkapi jurnal mengajar dan kelas, refleksi PTK, dan pengembangan metode-media pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bafadal, I. 2016. Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kepemimpionan Pembelajaran. Materi Talk Show Peningkatan Mutu Pendidikan di Jawa Timur, Malang: Universitas Negeri Malang.

Basri, 2018. Pelaksanaan Manajemen Partisipatif dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora 4 (2): 363-369.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Kepemimpinan Perubahan (MPPKS-PIM), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kusnintardjo, 2014. Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah, Manajemen Pendidikan. 24 (3): 203-212.

Kurniadi, A. dan Sugiyono 2016. Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi SMA di Kecamatan Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 4 (2): 179-193.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Ronda Karya.

Miles dan Huberman 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI.Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Pernama, A. W. dan Karwanto 2020 Gaya Kepemimpinan Partisipasif dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP). 5 (1): 58-67.

Wahyudi, A; Sabar, N; Wafroturohmah. 2019.Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Varidika. 31(2): 47-55.

Wibowo, A.; dan Achadi, B. S. 2022. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1): 14-20.

Silfatman, Y.; Lilianti,; dan Nurzaima 2022. Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran(JPP). 3 (1): 21-29.

Diterbitkan

2023-02-26

Terbitan

Bagian

Articles