IMPLEMENTASI TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL KEPALA SEKOLAH: SEBUAH STUDI LITERATUR

https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.2702

Authors

Keywords:

kepala sekolah, supervisi, supervisor, teknik individual

Abstract

Kepala sekolah sebagai supervisor berperan penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Melalui kegiatan pembinaan atau yang dikenal dengan istilah supervisi, diharapkan dapat membimbing secara kontiniu pertumbuhan dan perkembangan potensi para guru baik secara individual ataupun kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik supervisi yang dapat digunakan oleh supervisor, terkhusus pada teknik individual. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah 10 artikel terkait teknik dan implementasi supervisi. Hasil penelitian ini adalah terdapat berbagai jenis teknik supervisi secara individual, yakni Kunjungan Kelas (Classroom Visitation), Observasi Kelas (Classroom Observation), Pertemuan Individual (Individual Conference), Kunjungan Antar Kelas (Intervisitation) dan Penilaian Diri Sendiri (Self Evaluation Check-List).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A. (2019). Implementasi Teknik Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika, 12(1), 15. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.173

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Manazhim, 2(2), 118–130. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706

Erni, Rahmat, A., Badu, R., & Djibu, R. (2020). Implementation of Clinical Supervision to Improve Teacher Performance in Managing Learning in Tk Dungaliyo Gorontalo District. JournalNX : A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 7(9), 106–114.

Handruadi. (2018). Implementation of Academic Supervision on Learning Process in Basic School in Kota Pariaman. #th International Conference on Education 2018, IAIN Batusangkar, 1(1998), 145–150.

Kibtiyah, M., & Heryanto, D. (2022). Implementation Of Supervision Techniques : A Literature Study.

Rhahimi, P. (2019). Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jurnal Artikel, 1–11.

Subandi (State Islamic Institute (IAIN) of Raden Intan, Bandar Lampung, I. (2015). Supervision Implementation In Management Quality: An Attempt To Improve The Quality Of Learning At Madrasah Aliyah Darul A’mal Metro. Suparyanto Dan Rosad (2015, 1(3), 446–461.

Takhlishi, A. (2018). Implementasi Supervisi Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Sunan Prawoto Pati Implementation of Educational Supervision in the Covid-19 Pandemic At Madrasah Aliyah Sunan Prawoto Pati. Jurnal Intelegensia, 06(1), 72–85.

Teddy Manueke, Joulanda A.M Rawis, Mozes Markus Wullur, V. N. J. R. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. JURNAL BAHANA MANAJEMEN PENDIDIKAN, 10(2), 70–76. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2

Published

2023-02-26

Issue

Section

Articles