DINAMIKA SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU: SEBUAH STUDI LITERATUR

Authors

Keywords:

Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Pengembangan Profesional, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika supervisi akademik dalam konteks peningkatan kompetensi guru, melalui studi literatur yang mendalam. Menggunakan metode analisis SWOT, penelitian ini mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam implementasi supervisi akademik berdasarkan telaah terhadap lima belas artikel nasional dan internasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki peran kritikal dalam memfasilitasi pengembangan profesional guru, dengan memberikan umpan balik konstruktif dan mendorong refleksi diri. Kekuatan utama teridentifikasi pada kemampuan supervisi untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran. Namun, resistensi dari guru terhadap proses supervisi dan keterbatasan sumber daya menjadi kelemahan yang perlu diatasi. Peluang untuk memperkuat proses supervisi termasuk adopsi teknologi baru dan integrasi praktik supervisi dengan program pengembangan profesional lainnya. Ancaman terhadap efektivitas supervisi meliputi perubahan kebijakan pendidikan dan dinamika internal lembaga. Penelitian ini menyarankan perlunya strategi yang holistik dan adaptif dalam supervisi akademik untuk mengoptimalkan kontribusinya terhadap peningkatan kompetensi guru, sekaligus mengatasi tantangan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Arina, Y., Yolanda, S., Revita, Y., & Marsidin, S. (2023). Practice of Principal Academic Supervision in Improving the Quality of Teacher Learning at JHS 25 Padang. IJEDS: International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 199–204.

Ayandoja, A. C., Aina, B. C., & Idowu, A. F. (2017). Academic supervision as a correlate of students’ academic performance in secondary schools in Ekiti State, Nigeria. International Journal of Educational Policy Research and Review, 4(1), 8–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15739/IJEPRR.17.002

Azainil, A., Sabara, I., Rahayu, S., Ramadiani, R., & Mulawarman, W. (2020). The Influence of Principal’s Supervision Competence and School Culture on Teachers Performance of Public High School in Kutai Kartanegara Regency. ICOGESS, February, 1–9. https://doi.org/10.4108/eai.14-3-2019.2291964

Danial, A., Mumu, M., & Nurjamil, D. (2022). Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1514–1521. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922

Devita, E. (2023). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Sekolah. Jurnal Lingkar Pendidikan, 2(3). https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp

Dody, S. (2016). PERAN SELF AWARENESS DALAM MEMEDIASI PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 35–43. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2063

Erifal, E. (2023). Implementation of Teacher’s Performance Academic Supervision. PPSDP International Journal of Education, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.83

Gunanto, T. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Secara Berkala. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(41), 1–23.

Handayani, L., Madjdi, A. H., & Suad, S. (2021). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 317–334. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sman 1 Cikarang Utara Dan Man Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861

Kamaruddin, I., Nurmalia Sari, M., Abdurrahman, Istiqomah, Herman, & Andriani, N. (2024). Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 06(02), 11349–11358.

Kemmis, S., Heikkinen, H. L. T., Fransson, G., Aspfors, J., & Edwards-Groves, C. (2014). Mentoring of new teachers as a contested practice: Supervision, support and collaborative self-development. Teaching and Teacher Education, 43, 154–164. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.07.001

Kosasih, H. R. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 3(2), 118–130. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706

Kurniawati, N., Fatkhulloh, F. K., & Yuliasari, F. (2023). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Al-Afkar: Jounal for Islamic Studies, 6(3), 834–845. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i3.629.Management

Masliah. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 3(2), 126–134. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4364

Mujiati, Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher’s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6, Education, and Management, 2(2), 126–132. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.07

Mulyadi, D., Wasliman, I., & Sauri, R. S. (2022). Implementation Of Integrated Quality Management Academic Supervision Of School Principles In Improving The Quality Of High School Teachers Professional Competence. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics, 1(3), 317–326.

Ratlin, R. (2017). Pengaruh Kualitas Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru Sains SMA Negeri di Kota Baubau. PEP Educational Assessment, 1(1), 17–26. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=_kWt4kUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=_kWt4kUAAAAJ:Tyk-4Ss8FVUC

Rizkillah, S., & Kurniatun, T. C. (2021). Academic Supervision: Efforts to Improve Teacher Quality in Developing the Professional Ability Educators. Proceedings of the 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020), 526(Icream 2020), 183–188. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.039

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296 ISSN

Sappaile, B. I., Ode Masuddin, L., Saludung, J., Sappaile, P., Ishak, A. M., Simatupang, W., & Abdullah, S. (2018). Influence of implementation of academic supervision by the school supervisor, interpersonal communication, and teacher motivation on the quality of learning in secondary high schools in regency of South Buton, Indonesia. 6(May), 29–37.

Sogalrey, F. A. M., Madhakomala, R., Santosa, H., & Jamil, A. I. Bin. (2022). The Influence of Educators’ Perceptions of Principal Leadership and School Culture on Digital Teacher Literacy Services at School. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1262–1273. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3987

Suarniti, L., Natajaya, I. N., & Agung, A. A. G. (2020). Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrastrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 159–168. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3189 L.

Sumiati, E., & Ruhiat, Y. (2022). Kompetensi Profesional Terhadap Mutu Pembelajaran. 10(3), 57–60.

Syukri, M. Z., Viona, E., & Utama, H. B. (2023). The Impact of Academic Supervision on Teacher’s Professionalism in Improving Educational Quality. PPSDP International Journal of Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i1.49

Tijow, M. A., & Risamasu, P. E. G. (2022). Analisis Angka Partisipasi Anak Prasekolah Pada PAUD Di Provinsi Papua. Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2271

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles