ANALISIS DESKRIPTIF IMPLIKASI SOSIAL DAN AKADEMIS KEBIJAKAN ZONASI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAYAPURA

Penulis

  • Putri Ellen Gracia Risamasu Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Febi Adriana Mutiara Sogalrey Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Richardo Fernandez Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/.v4i2.3682

Kata Kunci:

kebijakan, zonasi, pendidikan

Abstrak

Kebijakan zonasi pada sekolah menengah atas telah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kota Jayapura. Kebijakan ini bertujuan untuk meratakan akses pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengatur penyebaran siswa ke berbagai sekolah. Namun, seperti kebijakan lainnya, kebijakan zonasi juga memiliki implikasi sosial dan akademis yang perlu dianalisis secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis deskriptif terhadap implikasi sosial dan akademis kebijakan zonasi pada sekolah menengah atas di Kota Jayapura. Implikasi sosial kebijakan zonasi melibatkan dampak terhadap pemerataan akses pendidikan, keadilan sosial, dan integrasi sosial antara beragam kelompok masyarakat. Melalui analisis deskriptif, dapat diidentifikasi apakah kebijakan zonasi berhasil dalam menciptakan kesetaraan akses pendidikan bagi semua warga masyarakat di Kota Jayapura. Sementara itu, implikasi akademis kebijakan zonasi melibatkan aspek kualitas pendidikan, pencapaian akademis siswa, dan upaya peningkatan mutu sekolah. Analisis ini akan membantu dalam memahami apakah kebijakan zonasi berdampak positif terhadap kualitas pendidikan dan pencapaian akademis siswa di sekolah menengah atas di Kota Jayapura. Dengan menggali lebih dalam implikasi sosial dan akademis kebijakan zonasi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas kebijakan tersebut dalam konteks lokal Kota Jayapura. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di daerah tersebut serta dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam bidang kebijakan pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aryani, R., Sarji, M., Sodikin, Mp., Leni Rohida, H., Sugiarto Sutomo, Ms., Dirgantara Wicaksono, M., Desi Rahmawati, M., Elsah Fanisyah, Mp., Erfan Kurniawan, Mp., Fathan Mubinan, Mp., Febi Adriana Mutiara Sogalrey, S., Widi Astuti, Mp., & Charles Agustino Coenrad Javlean, Mp. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN (Teori dan Konsep Pengelolaan Pendidikan).

Bierbaum, A. H., & Sunderman, G. L. (2021). School Desegregation, School Rezoning, and Growth Management in Two Maryland Communities. Education Policy Analysis Archives, 29. https://doi.org/10.14507/epaa.29.6111

Hendral, H. N., & Sudiyatno. (2022). Impact of New Student Admission Zoning System on Academic and Geographic Heterogeneity in Junior High School in Tegal City, Central Java. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 640(Iccie), 255–260. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.046

Mutiani, M., & Subiyakto, B. (2019). Social Capital in Social Studies Through Zoning School System. International Journal Pedagogy of Social Studies, 4(2), 95–100.

Nurviana, N., Hawi, A., & Maryamah, M. (2021). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Tingkat Sekolah Menengah Atas di Sekayu Tahun Pelajaran 2021/2022. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 81–104. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.68

Riyanti, E. D., Ayatina, H., Astuti, F. T., & Rahmah, P. J. (2020). Zoning System of Education in Indonesia Challenges and Their Future. 464(Psshers 2019), 1111–1114. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.241

Saharuddin, E., & Khakim, M. S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Tingkat Sma Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 424–438. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/4226

Sembiring & Tijow. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Matakuliah Metode Numerik. Noken: Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.203

Singkat, I., Andina, E., & Abstrak, ). (2009). Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis Majalah-9-Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis Majalah SISTEM ZONASI DAN DAMPAK PSIKOSOSIAL BAGI PESERTA DIDIK. www.puslit.dpr.go.id

Sogalrey, F. A. M., Madhakomala, R., Santosa, H., & Jamil, A. I. Bin. (2022). The Influence of Educators’ Perceptions of Principal Leadership and School Culture on Digital Teacher Literacy Services at School. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1262–1273. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3987

Suherman, D., & Nur, M. I. (2021). Policy Evaluation of the Zonation System in Admission of New Students. Jurnal Ilmu Administrasi, 18(1), 74–90.

Tijow, M. A., Sembiring, D. A., Aryesam, A., & Ellen Risamasu, P. G. (2022). Edukasi Gerakan Literasi Sekolah Menuju Program Merdeka Belajar Educational of School Literature Action Towards Merdeka Belajar Program. Abdimas Galuh, 4(2), 1006–1015. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7989

Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 10. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.375

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check