Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini: Kajian Kepemimpinan

Penulis

  • Diki Kurniawan Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Abdul Karim Universitas Cenderawasih, Indonesia

Kata Kunci:

Pendidik, kepemimpinan, pendidikan anak usia dini

Abstrak

Pendidik merupakan unsur terpenting dalam pengelolaan kelas yang efektif dan efisien. Maka diperlukan seorang pendidik yang memiliki gaya kepemimpinan yang mendorong peserta didik untuk meningkatkan potensinya. Selain itu, mengembangkan aspek-aspek perkembangan peserta didik seperti aspek nilai moral dan agama, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek fisik motoric, nilai pancasila dan aspek sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh pendidik anak usia dini dalam mengelola kelas. Pengambilan data menggunakan online survey dengan responden berjumlah 79 orang yang tersebar di 3 provinsi yakni provinsi Papua, provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah. Adapun hasil penelitiannya adalah Pendidik lebih condong untuk menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif sebesar 61%. Dilanjutkan dengan gaya visioner sebesar 59% dan gaya situasional sebesar 58%. Sedangkan gaya kepemimpinan otoriter sebesar 19%. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Diana. (2013). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Deepublish.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineke Cipta.

Karwati, E., & Prian, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Class management). Alfabeta.

Kemendikbudristek. (2021). 7 Manfaat Program Guru Penggerak. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Gurudikdas.Kemendikbud. go.Id

Kemendikbudristek. (2022). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH. Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Khoironi, N., Hamid, A., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2020). Kepemimpian situasional dalam pendidikan islam. 668–677.

Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Zainal, D. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah ( RIN ) Baleendah. 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5205/http

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (Cecep Rohindi, Ed.). UI Press.

Pemerintah RI. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Sekretariat Negara.

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Usman, H. (2012). Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Usman, H. (2019). Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Teori dan Praktek. Bumi Aksara.

Wahyuni, S. R. I., Fadilah, I. N. U. R., & Astri, W. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN OTORITER ( OTOKRATIS ) DALAM. 1, 123–130.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check