Hubungan Rasa Percaya Diri Dengan Keaktifan Belajar: Studi Kasus Mahasiswa ITBKPP Sentani

Penulis

  • Dian Septikasari Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Rispah Purba Universitas Cenderawasih, Indonesia

Kata Kunci:

korelasi, rasa percaya diri, keaktifan belajar

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tentu akan lebih mudah tercapai apabila peserta didik berperan serta aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar mahasiswa apakah ada hubungannya dengan rasa percaya diri: studi kasus pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 mahasiswa. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling sebanyak 60 sampel mahasiswa. Dari data yang telah diuji, dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri tidak berkorelasi dengan keaktifan belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada angka signifikan lebih besar dari taraf signifikansi yang disyaratkan (0,936 > 0,05).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Aziza, F. (2017). “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Bada & Olusegun, S. 2015. Hubungan Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), Volume 5, Issue 6 Ver. I (Nov-Dec. 2015), PP 66-70.

Goss_Sampson, M. 2020. Statistical analysis in JASP: A Guide for Students. https://jasp-stats.org/wp-content/uploads/2022/04/Statistical-Analysis-in-JASP-A-Students-Guide-v16.pdf.

Mahsuri, Ali. 2023. Statistika Parametrik Dasar (Uji Hubungan, Uji Perbedaan, dan Aplikasinya Menggunakan JASP). Malang: Inara Publisher.

Merdekawati, B. (2023). Hubungan Percaya Diri Dengan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nurfatimah, S. 2019. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Volume 19, No. 2, September 2009.

Rangkuti, N. A. 2014. Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul 'Ilmi Vol.02, No, 02, Juli 2014.

Ruhman. 2016. Hubungan antara Keaktifan Organisasi dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Tingkat II Stikes Muhammadiyah Samarinda. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pramesty, Monica & Suratno, Ignatius, B. 2021. Hubungan Rasa Percaya Diri, perhatian Guru, dan Dukungan Teman Sebaya dengan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15 (1).

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif: Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Undang-Undang No 20 tahun 2003 Bab II pasal 3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check