https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/NOKEN/issue/feed NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan 2024-03-08T04:11:14+00:00 Meylani A. Tijow jurnalnokenuncen@gmail.com Open Journal Systems <p align="justify"><strong>NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan</strong> (ISSN: 2745-7788 (online)) was first published in 2020 by Educational Management Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Cenderawasih University. The journal is published twice a year, on <strong>June</strong> and <strong>December</strong>. The research articles accepted within the scope of Educational Management. https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/NOKEN/article/view/2739 ALE (ADULT LEARNING AND EDUCATION): PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DALAM KULTUR DIGITAL 2023-06-09T02:30:26+00:00 Eko Eko Sulistiono ekosulistiono@upi.edu Nuri David Maria Veronika nurivironika@umb.ac.id Irfan Ardi irfanardi@upi.edu <p>Era digital memiliki media yang memudahkan masyarakat untuk menerima informasi dengan lebih cepat. Teknologi digital yang semakin canggih membuat perubahan besar di dunia, dengan munculnya berbagai jenis media digital. Berbagai kalangan telah dimudahkan dalam mengakses informasi dengan berbagai cara, serta dapat menikmati fasilitas teknologi digital secara bebas dan terkendali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan model ALE (<em>Adult Learning and Education</em>) pada satuan pendidikan masyarakat dengan memanfaatkan akses digital. Penelitian ini menerapkan metode penelitian campuran, yaitu menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran <em>Adult learning education</em> (ALE) berbasis digital, dilakukan dengan cara memberikan materi sesuai dengan kebutuhan warga belajar, menyediakan latihan dan kuis yang menarik secara digital, melengkapi materi dengan media digital dan melakukan evaluasi dengan aplikasi digital.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/NOKEN/article/view/2873 ANALISIS KORELASI: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI VOKASI GURU 2023-07-30T04:09:12+00:00 Agnes Aryesam agnesaryesam@gmai.com Febi Adriana Mutiara Sogalrey febiadriana2@gmail.com <p>Kompetensi kejuruan guru adalah suatu kegiatan atau sekali lagi dengan tujuan akhir menggarap keterampilan guru, khususnya dalam kompetensi profesional pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan pimpinan sekolah bertindak sebagai administrator sekolah dan bertugas untuk meningkatkan dan mendayagunakan sumber daya sekolah. sebagai guru atau pembina di sekolah sehingga kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru agar dapat memberikan pembelajaran di kelas mengikuti perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi kejuruan guru. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasi untuk mencari dan menghitung korelasi antar variabel. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMK Negeri Nabire Provinsi Papua dengan populasi 40 tenaga pengajar dan besar sampel 180 tenaga pendidik. Analisis penelitian menggunakan perhitungan product moment. Hasil yang diminta dinyatakan dalam kategori hipotesis yang dinyatakan pertama, rhitung lebih besar dari rtabel berarti Ha diterima dan jika rhitung tidak lebih dari rtabel berarti Ha ditolak maka H0 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan peneliti dengan menggunakan analisis product moment dengan signifikansi 5% dengan rtabel = 0,148 dan rhitung = 0,311, terlihat bahwa data menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel (0,311 &gt; 0,148) sehingga diperoleh dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho otomatis ditolak. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kompetensi kejuruan guru.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/NOKEN/article/view/3679 DINAMIKA SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU: SEBUAH STUDI LITERATUR 2024-03-03T13:29:46+00:00 Desy Anita Karolina Sembiring desyaksembiring11@gmail.com Grace Simanjuntak gracesimanjuntak@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika supervisi akademik dalam konteks peningkatan kompetensi guru, melalui studi literatur yang mendalam. Menggunakan metode analisis SWOT, penelitian ini mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam implementasi supervisi akademik berdasarkan telaah terhadap lima belas artikel nasional dan internasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki peran kritikal dalam memfasilitasi pengembangan profesional guru, dengan memberikan umpan balik konstruktif dan mendorong refleksi diri. Kekuatan utama teridentifikasi pada kemampuan supervisi untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran. Namun, resistensi dari guru terhadap proses supervisi dan keterbatasan sumber daya menjadi kelemahan yang perlu diatasi. Peluang untuk memperkuat proses supervisi termasuk adopsi teknologi baru dan integrasi praktik supervisi dengan program pengembangan profesional lainnya. Ancaman terhadap efektivitas supervisi meliputi perubahan kebijakan pendidikan dan dinamika internal lembaga. Penelitian ini menyarankan perlunya strategi yang holistik dan adaptif dalam supervisi akademik untuk mengoptimalkan kontribusinya terhadap peningkatan kompetensi guru, sekaligus mengatasi tantangan yang ada<span style="text-decoration: line-through;">.</span></p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/NOKEN/article/view/3682 ANALISIS DESKRIPTIF IMPLIKASI SOSIAL DAN AKADEMIS KEBIJAKAN ZONASI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAYAPURA 2024-03-04T06:23:37+00:00 Putri Ellen Gracia Risamasu putriellenrisamasu@fkip.uncen.ac.id Febi Adriana Mutiara Sogalrey febiadriana2@gmail.com Richardo Fernandez richardofernandez15@gmail.com <p>Kebijakan zonasi pada sekolah menengah atas telah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kota Jayapura. Kebijakan ini bertujuan untuk meratakan akses pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengatur penyebaran siswa ke berbagai sekolah. Namun, seperti kebijakan lainnya, kebijakan zonasi juga memiliki implikasi sosial dan akademis yang perlu dianalisis secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis deskriptif terhadap implikasi sosial dan akademis kebijakan zonasi pada sekolah menengah atas di Kota Jayapura. Implikasi sosial kebijakan zonasi melibatkan dampak terhadap pemerataan akses pendidikan, keadilan sosial, dan integrasi sosial antara beragam kelompok masyarakat. Melalui analisis deskriptif, dapat diidentifikasi apakah kebijakan zonasi berhasil dalam menciptakan kesetaraan akses pendidikan bagi semua warga masyarakat di Kota Jayapura. Sementara itu, implikasi akademis kebijakan zonasi melibatkan aspek kualitas pendidikan, pencapaian akademis siswa, dan upaya peningkatan mutu sekolah. Analisis ini akan membantu dalam memahami apakah kebijakan zonasi berdampak positif terhadap kualitas pendidikan dan pencapaian akademis siswa di sekolah menengah atas di Kota Jayapura. Dengan menggali lebih dalam implikasi sosial dan akademis kebijakan zonasi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas kebijakan tersebut dalam konteks lokal Kota Jayapura. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di daerah tersebut serta dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam bidang kebijakan pendidikan.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://mail.ejournal.uncen.ac.id/index.php/NOKEN/article/view/3688 ANALISIS KESIAPAN AKREDITASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN JAYAPURA 2024-03-08T04:11:14+00:00 Meylani Aljeinie Tijow meylanialjeinietijow@fkip.uncen.ac.id Agnes Aryesam agnesaryesam@gmail.com <p>Akreditasi Sekolah/Madrasah merupakan suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan secara komprehensif dengan indikator berdasarkan standar nasional pendidikan, dan hasilnya dalam bentuk pengakuan. Hasil dari akreditasi sekolah mencerminkan mutu proses pendidikan yang terlaksana di satuan pendidikan. Sehingga, semakin baik hasil akreditasi yang dicapai maka dengan kata lain semakin baik juga mutu pendidikan yang diimplementasikan di satuan pendidikan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana kesiapan sekolah dalam menghadapi visitasi akreditasi menurut 4 standar dalam IASP2020 yang terdiri dari: 1) Standar Mutu Lulusan; 2) Standar Proses Pembelajaran; 3) Standar Mutu Guru; 4) Standar Manajemen Sekolah. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah 1 SMP Negeri dan 1 SMP Swasta di Kabupaten Jayapura. Sekolah dipilih berdasarkan status sekolah yang dalam waktu kurang lebih 1 tahun akan menghadapi visitasi akreditasi. Penelitian dilakukan sebelum proses visitasi akreditasi di sekolah untuk melihat kesiapan sekolah dalam menghadapi kegiatan visitasi tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan mengacu pada Instrumen Akreditasi IASP2020. Sedangkan teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang dijadikan subjek penelitian belum sepenuhnya siap menghadapi visitasi akreditasi menggunakan Instrumen Akreditasi IASP2020.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023