Analisis Tingkat Kecerdasan Siswa Kelas XI C pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia
Kata Kunci:
analisis, kecerdasan, pembelajaran kimiaAbstrak
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan dalam mengidentifikasi tingkat kecerdasan siswa sehingga bisa menguasai materi dan tingkat kecerdasan siswa yang mengalami hambatan dalam menguasai materi Hukum-hukum Dasar Kimia. Pada studi yang dilaksanakan mempergunakan metode kuantitatif dengan menghubungkan data hasil belajar dengan data tingkat kecerdasan, minat dan bakat peserta didik kelas XI C SMA Negeri 2 Jayapura. Teknik dalam mengumpulkan data dalam studi yang dilaksanakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi serta soal tes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes kecerdasan, bakat, minat dan penguasaan materi. Siswa dikatakan menguasai materi bila memenuhi KKM yang ditetapkan di SMA Negeri 2 Jayapura yaitu 70. Data hasil penelitian pelajar kelas XI C dalam materi Hukum-hukum Dasar Kimia menunjukkan bahwa 48,6% siswa dengan rentang IQ 96 hingga 126 mampu menguasai materi dan 51,4% siswa dengan rentang IQ 62 hingga 94 mengami hambatan dalam menguasai materi. Perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam terkait faktor internal dan eksternal yang bisa memberikan dukungan atau hambatan pembelajaran.