Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembelajaran Kimia Pada Materi Struktur Atom Kelas XI(C)
Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembelajaran Kimia Pada Materi Struktur Atom Kelas XI(C)
Kata Kunci:
Intelligence, iearning , talents, outcomes interestsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat pemebelajaran kimia pada materi struktur atom di kelas XI(C) di. adalah Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan datayang di peroleh dari hasil soal tes dan hubungkan dengan tes IQ,bakat dan minat. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara, soal tes,dokumentasi. Instrumen soal tes digunakan sebanyak 42 butir soal dalam bentuk soal pilihan ganda yang di susun berdasarkan validitas isi dan telah di validasi ahli. Hasil yang di peroleh bahwa kecerdasan peserta didik yang memiliki IQ tinggi akan mendapatkan hasilĀ belajar juga tinggi yaitu 126 mendapatkan dan mendapat hasil belajar 95 dan sebanayak 5,4% peserta
didik yang memiliki IQ 117 dan mendapatkan hasil belajar 85, begitupun sebaliknya kecerdasan yang
rendah akan mendapatkan hasil belajar yang rendah yaitu 8,2% peserta didik mendapat IQ 62 dan
mendapatkan nilai hasil belajar 54 hingga 58 walaupun ada beberapa penyimpangan, hal menujukan
bahwa kenaikan tingkat kecerdasan peserta didik akan selalu di ikuti kenaikan hasil belajar. Bakat yang
mempengarui hasil belajar peserta didik yakni bakat skolastik menunjukan rata-rata nilai 17,5 mendapat
nilai hasil belajar 83, abstrak memiliki nilai rata-rata 45 dan mendapatkan hasil belajar 83, ketelitain
kecepata klarikal memiliki nilai rata-rata 42,5 dan memiliki nilai hasil belajar 83 sedangkan bakat yang
menghambat pembelajaran adalah bakat skolastik, abstrak dan ketelitian kecepatan klarikal itu sendir
apabila nilai bakatnya rendah dan hasil belajar juga rendah. Minat yang