KONTRIBUSI REKRUTMEN DAN KOMPETENSI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH ISLAM NABILAH KOTA BATAM
Abstract
Pendidikan identik dengan kegiatan belajar mengajar dan segala aspek yang mempengaruhinya. Untuk mencapai kualitas program pendidikan, maka proses pembelajaran tersebut perlu dilakukan secara optimal agar peserta didik dapat meraih hasil belajar yang lebih baik. Keberhasilan program pendidikan di sekolah dapat dilihat dalam tiga bidang yaitu pengetahuan, sikap dan tingkah laku. Kualitas program pendidikan tidak hanya tergantung pada konsep-konsep program yang cerdas tapi juga pada tenaga pendidik yang mempunyai kesanggupan dan keinginan untuk berkarya dan berprestasi. Pentingnya mendapatkan tenaga pendidik yang mempunyai kesanggupan dan gairah guru dalam pelaksanaan program mendorong pimpinan sekolah untuk menuntut tanggung jawab lebih besar dalam proses rekrutmen dan seleksi guru. Dengan pola rekrutmen dan pembinaan karier guru yang baik, akan tercipta guru yang profesional dan efektif. Untuk mewujudkan keberhasilan dalam proses pembelajaran tersebut, tentunya seorang guru harus memiliki kompetensi. Kompetensi adalah gambaran tentang apa yang harus dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya baik berupa kegiatan, perilaku maupun hasil belajar yang ditunjukkan dalam proses belajar mengajar. Sekolah Islam Nabilah yang sudah menjalankan program pendidikan sejak tahun 2006 masih perlu adanya peningkatan sumber daya manusia sehingga visi, misi dan tujuan sekolah Islam Nabilah dapat terwujud. Sampai sekarang penerimaan tenaga pendidik belum terprogram dengan baik. Ketika sudah menjalankan tugasnya sebagai guru, baru diketahui bahwa guru ini mempunyai penyakit. Karena saat mau diterima menjadi guru tidak diadakan cek kesehatan. Atau ada yang keluar dengan alasan menikah, karena tidak ada komitmen sebelum diterima dan alasan lainnya. Hal ini membuat proses belajar mengajar terganggu dan sering terjadi pergantian guru. Dampaknya adalah siswa selalu berada pada situasi adaptasi dan pelajaran mereka tertinggal. Kalau pelajaran sering tertinggal otomatis kualitas pembelajaran menjadi kurang baik. Karena penerimaan guru belum terprogram dengan baik juga menyebabkan kompetensi guru yang diterima belum terjamin. Dengan demikian penelitian ini mengambil judul Kontribusi Rekrutmen dan Kompetensi guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah Islam Nabilah kota Batam.
Kata kunci: Rekrutmen, kompetensi, kontribusi dan prestasi siswa.
Downloads
References
Azwar, S. (2001). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Djamrah (1991). Saiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompensasi Guru. Usaha Nasional. Surabaya.
Nugroho (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yokyakarta.
Santoso (2006). Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 14. PT. Alex Media. Komputindo. Jakarta.
Sarwoko (2005). Dasar-Dasar Ekonometrika. Yogyakarta.