Penguatan Kompetensi Guru melalui Penyusunan Modul Praktikum IPA Tematik Integratif di SD Negeri Skow Mabo Kota Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.31957/jabdimascenderawasih.v3i1.4668Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar dalam menyusun dan mengimplementasikan modul praktikum IPA yang terintegrasi secara tematik. Pelatihan dan pendampingan dilakukan kepada guru-guru melalui pendekatan partisipatif dan berbasis praktik langsung. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi, pelatihan, workshop, uji coba implementasi, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep IPA tematik integratif, kemampuan menyusun modul, serta penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Guru juga menunjukkan antusiasme dan inisiatif untuk terus mengembangkan pembelajaran berbasis praktikum. Kegiatan ini berdampak positif dalam membangun ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dan kontekstual
Downloads
References
Bahtiar, B., Maimun, M., & W, B. (2022). Pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum ipa terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 134-142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564
Cahyaningrum dkk. (2024). "Profesionalitas Guru BK melalui Program PPG dalam Jabatan: Literatur Review" Jiip - jurnal ilmiah ilmu pendidikan doi:10.54371/jiip.v7i3.3594
Nurbaeti. (2020). “Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Elementaria Edukasia doi:10.31949/jee.v3i1.2115.
Rahmawati. (2023). "Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berbasis PMRI" Jurnal SD pgsd fip unimed doi:10.24114/esjpgsd.v13i2.43197.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Setiawan, A., & Ayuningtyas, E. (2023). Penerapan Pelatihan Berbasis dan Pelatihan Berbasis Teori terhadap Minat Peserta Pelatihan. Refleksi edukatika jurnal ilmiah kependidikan. doi:10.24176/re.v13i2.6721