PROFIL PENALARAN VISUOSPASIAL MAHASISWA S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS CENDERAWASIH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI

Penulis

  • Ronaldo Kho Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penalaran visuospasial banyak digunakan orang untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ruang. Penalaran visuospasial diartikan sebagai aktivitas mental yang berkenaan dengan penarikan simpulan terhadap informasi visuospasial objek-objek. Hasil penelitian terhadap satu subjek menunjukkan bahwa (1) dalam menyelesaikan masalah geometri berbantu alat peraga kubus satuan, dapat dibuat model lintasan proses penalaran visuospasial. (2) model lintasan penalaran visuospasial dapat memuat model lintasan berpikir yang berbentuk linier dan juga model lintasan berpikir yang tidak berbentuk linier.

 Kata kunci: profil, penalaran visuospasial, masalah geometri

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bell, F. H. (1978). Teaching and Learning Mathematics, (In Secondary School), IOWA. Wim C. Brown Company Publishers.

Ben-Chaim, David, Glenda Lappan & Richard Houang. (1989). The Role of Visualization in Middle School Mathematics. Curriculum Focus on Learning Problems in Mathematics 11, pp. 49-60.

Hunt, Earl. (1995). The Role of Intelligence in Modern Society. The American Scienctist.

Meserve, Bruce E. & Meserve, Dorothy T. (1986). Teacher Education and the Teaching of Geometry. In Robert Morris (Ed.). Studies in Mathematics Education (Teaching of Geometry) Volume 5, pp. 161-173, Paris:UNESCO.

Soedjadi,R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Konstatasi Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti. Depdiknas.

Terao, Atsushi, Kenneth R. Koedinger, Myeong-Ho Sohn, John R. Anderson, Cameron S. Carter. (t.t). An fMRI Study of the Interplay of Symbolic and Visuo-spatial Systems in Mathematical Reasoning.

Tversky, Barbara. (2004). Visuospatial Reasoning. www. spatiallearning.org/ bibliography_pdfs/visspatholyoak04.pdf Diakses tanggal 12 Desember 2007.

Suppiah, Kanagarajah. (2005). Improving and Identifying the Spatial Visualisation Ability of Students. ITE Teachers’ Conference.http://edt.ite.edu.sg/ite_conf/teaching/tc05ts02.pdf. Diakses tanggal 11 Agustus 2007.

Diterbitkan

2018-05-21

Terbitan

Bagian

Articles