EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TURUNAN DITINJAU DARI SIKAP SISWA

Penulis

  • Suprojo D S Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura
  • Happy Lumbantobing Universitas Cenderawasih
  • Gatot Sugondo Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model problem based learning dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika atau kombinasi dari keduanya dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI.MIA SMA Negeri 1 Sentani yang berjumlah 64 orang dan terbagi dalam dua kelompok penelitian. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar matematika yang diambil sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model problem based learning dibandingkan dengan siswa yang  diajar dengan model project based learning yang ditunjukkan dengan nilai F  = 6.404 untuk α = 5 %. Hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan oleh kelompok siswa yang diajar dengan model problem based learning. Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dibandingkan dengan siswa yang bersikap negatif yang ditunjukkan dengan nilai  F = 32.875  untuk α = 5 %. Hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan oleh kelompok  siswa yang bersikap positif terhadap pembelajaran matematika. Hasil pengujian hipotesis 3 juga menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan project based learning dengan sikap siswa  dalam meningkatkan hasil belajar matematika, yang diperlihatkan dengan nilai  F = 6.629  untuk α = 5 %. Kombinasi antara model problem based learning dan sikap positif terhadap pembelajaran matematika merupakan kombinasi yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji beda  rata-rata pretest dan postest untuk kombinasi ini tertinggi jika dibandingkan dengan kombinasi-kombinasi yang lain (beda mean =51,54)

 Kata Kunci:  Model pembelajaran, sikap siswa, hasil belajar matematika, problem based learning, project based learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bjorklund, D. (2005). Children’s Thinking: Cognitive Development and Individual Differences. Belmont USA: Thomson Learning Inc

Cockcroft, W.H (1982). Mathematics Counts. London : Her Majesty’s Stationery Office.

Dehkordi, A.H. and Heydarnejad, M.S. (2008). “The impact of Problem Based Learning and lecturing on the behaviour and attitudes of Iranian nursing students†Danish Medical Bulletin, Vol 55, No. 4, pp.224-226

Hudoyo, H. (1983). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional

Nasution, S (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Bandung : PT Remaja Roesdakarya.

National Research Council (1989). Everybody Counts. A Report to The Nation on The Future of Mathematics Educations. Washington DC : National Academy Press

Rahayu, Z.U (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Catur Tunggal 4 Depok Sleman. Jurnal Elementary School Vol 1 No.1 2014

Siskandar (2008). Sikap dan Motivasi Siswa Dalam Kaitan Dengan Hasil Belajar Matematika di SD. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal. Diakses tanggal 8 Februari 2015.

Susanti, T. (2013). Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Edu-math. Vol. 4 Tahun 2013.

Wahyudi (2011). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan sikap Positif Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Satya Wacana, Vol.27 No. 1 p 31-44

Wulandari, B. (2013) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, Juni 2013

Diterbitkan

2018-05-22

Terbitan

Bagian

Articles