PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DAN HYPNOTEACHING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 NIMBORAN

Penulis

  • Riska Yulianti SMP Negeri 1 Nimbokrang
  • Happy Lumbantobing Universitas Cenderawasih
  • Triwiyono Triwiyono Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan representasi dan penguasaan konsep matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kemampuan representasi dan penguasaan konsep peserta didik dengan metode TAPPS-Hypno. (2) mengetahui perbedaan kemampuan representasi dan penguasaan konsep antara peserta didik yang diajarkan menggunakan metode TAPPS-Hypno dan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent pretest – posttest control group design. Populasi penelitian berjumlah 58 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 36 orang yang terdiri dari 2 kelas. Data kemampuan representasi dan penguasaan konsep peserta didik dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi dan penguasaan konsep peserta didik digunakan analisis N-gain. Analisis uji beda digunakan untuk melihat perbedaan kemampuan representasi dan penguasaan konsep yang diajarkan dengan metode TAPPS-Hypno dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan metode TAPPS-Hypno dapat meningkatkan kemampuan representasi (ekspresi matematika) peserta didik. (2) pembelajaran dengan metode TAPPS-Hypno dapat meningkatkan kemampuan representasi (kata-kata) peserta didik. (3) pembelajaran dengan metode TAPPS-Hypno juga dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika peserta didik. (4) terdapat perbedaan kemampuan representasi dan penguasaan konsep matematika antara peserta didik yang diajarkan dengan metode TAPPS-Hypno dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional.

 Kata kunci : Metode TAPPS-Hypno, kemampuan representasi, penguasaan konsep matematika, persamaan linier dua variabel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Barkley E. E.(2005). Collaborative Learning Techniques. San Francisco : Jossey – Bass

Effendi L.A.(2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. [jurnal online].

Tersedia : Http://www.e-journal/UPI.web/math.htm [8-9-2014/9.54]

Emzir.(2007). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif; edisi revisi. Jakarta: Grafindo Persada

Hudoyo, H.(2012). Representasi belajar berbasis masalah. Journal matematika atau pembelajarannya. ISSN:085-7792. Tahun VIII : Edisi Khusus

Miller G. (2011) Effect of thinking aloud pair problem solving on secondary – level students performance in career and technical education courses. [jurnal online].

Tersedia: Http://www.journal/Agricultural.Education/vol.52.web/math.htm

-9-2014/12.02]

Naryestha E, dkk.(2014). Model pembelajaran kooperatif TAPPS berbantuan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. [jurnal online]. Tersedia : Http://www.e-journal/mimbarPGSD/vol.2.web/math.htm [8-9-2014/5.55]

NCTM.(2000). Principles and standards for school mathematics (online).

Tersedia : Http://www.NCTM.org, or by contacting [14-3-2015]

Noer, M.(2010). Hypnoteaching for success learning. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani

Pate. L. M(2014) Effect of thinking aloud pair problem solving on the troubleshooting performance of undergraduate agriculture students in a power technology course. [jurnal online].

Tersedia:Http://www.journal/Agricultural.Education/vol.45.web/math.htm [8-9-2014/10.02]

Pratiwi S.(2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan Tahun ajaran 2013/2014. [jurnal online]

Sudjana.(2005). Metode statistika. Bandung : Tarsito Bandung

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitaf, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.(2013). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta

Suhendra, dkk.(2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA – UPI

Suherman, E.(2003). Evaluasi proses dan hasil belajar matematika. Jakarta : Universitas Terbuka

Sukaesih, E.(2009). Efektivitas penggunaan metode TAPPS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa Lembang [online].

Tersedia : Http://terasafit.wordpress.com/2009/01/26/strategi-belajar-TAPPS.[14-4-2015]

Trianto.(2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : kencana prenada media group

Wibisono Y.(2003). Petunjuk instalasi dan pengoprasian Anates Versi 4. Bandung : UPI

Yustisia, N.(2012). Hpnoteaching seri seni mengeksplorasi otak peserta didik Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Diterbitkan

2018-05-22

Terbitan

Bagian

Articles