UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN EMEREUW ABEPURA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DAN MEDIA GAMBAR (VISUAL) PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

Penulis

  • Mayor M H Manurung Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Emereuw dengan menggunakan alat peraga dan media gambar (visual) pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga dan media gambar (visual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Emereuw. Selain itu pula melalui penggunaan alat peraga dan media visual, aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi lebih efektif, hal ini disebabkan karena alat peraga dan media dapat menarik perhatian siswa, mengundang kemampuan berdiskusi, berpikir dan berpartisipasi aktif, dan meningkatkan keterampilan belajar siswa.

Kata kunci: alat peraga, penjumlahan, pengurangan, hasil belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mardiah Harun. 2005. Pendidikan Matematika I. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Nur Asma,MP.d. 2005. Stretegi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Pustekkom.

Pujiati.2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP.Yokyakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ruseffendi.E.T. 1992. Pendidikan Matematika 3.Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Sri Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas

Diterbitkan

2018-05-22

Terbitan

Bagian

Articles