DESKRIPSI HASIL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP/MTS TAHUN AJARAN 2012/2013 DI KOTA JAYAPURA
Abstrak
Tulisan ini merupakan hasil penelitian deskriptif tentang hasil ujian nasional matematika tingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2012/2013 Kota Jayapura. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan deskripsi penyebaran soal ujian matematika dan deskripsi hasil ujian tersebut ditinjau dari berbagai aspek. Data penelitian merupakan data dokumenter yang didapat dari laporan hasil ujian nasional dan lembar ujian nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ujian berasal dari semua semester secara merata dan juga menguji semua standar kompetensi sesuai dengan kurikulum. Pencapaian siswa pada aspek bilangan 74,51%, aspek aljabar 60,47%, aspek geometri 54,88%, aspek geometri dan pengukuran 56,53%, aspek statistika dan peluang 63,29%. Hasil ujian nasional matematika SMP/MTs tahun ajaran 2012/2013 di Kota Jayapura tergolong baik.
 Kata kunci: ujian nasional, matematika, kompetensi, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Kemendikbud. 2013. Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2012/2013. Jakarta: Pusat Penilaiaan Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan.
Sanjaya, W., 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wulandari, D. C., 2014. Gambaran Hasil Ujian Nasional Pada Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMA/MA Program Studi IPA Tahun Pelajaran 2012/2013 Di Kota Jayapura. Jayapura.
Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
---------,(2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Satuan pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
---------,(2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta.
---------,(2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 tahun 2009. Jakarta.
---------,(2005), Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Jakarta.