ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PENGAJUAN SOAL INTEGRAL DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Penulis

  • Mayor M H Manurung Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa yang berkemampuan tinggi dan sedang dalam menyelesaikan tugas pengajuan soal integral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 (dua) orang mahasiswa yaitu 1 yang berkemampuan tinggi dan 1 berkemampuan sedang. Analisis data dalam penelitian inidilakukan dengan langkah-langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan tugas pengajuan soal Integral, yaitu soal yang diajukan semua berkaitan dengan integral, soal yang diajukan semua dapat dipecahkan, tingkat kesulitan tergolong soal sedang dan sulit, dan kebenaran jawaban atas soal yang diajukan semua dijawab dengan benar, walaupun ada yang tidak lengkap dalam soal yang diajukan.Kemampuan mahasiswa dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan tugas pengajuan soal Integral, yaitu soal yang diajukan mahasiswa sebagian besar berkaitan dengan integral, sebagian besar soal dapat dipecahkan, tingkat kesulitan soal yang diajukan tergolong soal mudah dan sedang, dan sebagian besar jawaban dari soal yang diajukan benar, walaupun ada yang tidak lengkap.

 Kata kunci: pengajuan soal, integral

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cristou, Costantinos, , et.al. 2005. An Empirical Taxonomy of Problem Posing Processes. ZDM 2005Vol.37.No. 3, Page 149 – 158

English, Lyn D. 1997. Promoting a Problem Posing Classroom. Teaching Children Mathematics. November 1997 .h. 172 – 179

Permen No. 16. 2007. Standar Kualifikasi dan Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta

Silver, a. Edward A and Cai, Jinfa. 1996. An Anlylis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal foe Research in Mathematics Education. Vol. 27 No.5, Page 521 – 539

Siswono,T. Y. E. 1999. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan Di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis:PPS Unesa Surabaya.

Soedijarto. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3. Bandung:PT.Imtima

Sutawijaya, Akbar. 1998. Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Nasional di PPs IKIP Malang

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Pustaka Ramadhan

Diterbitkan

2018-05-22

Terbitan

Bagian

Articles