ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI I JAYAPURA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI

Penulis

  • Dewi Kusumaningrum Universitas Cenderawasih
  • Bettisari Napitupulu Universitas Cenderawasih
  • Dewi Kristika Findia Ning Tyas Universitas Cenderawasih

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam miskonsepsi siswa, faktor penyebab dan solusi untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi fungsi komposisi. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dari siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jayapura yang mengalami miskonsepsi pada materi fungsi komposisi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang disertai CRI (Certainly Response Index) dan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak tiga soal terdiri dari soal-soal mengenai fungsi komposisi. Setiap soal dilengkapi dengan skala CRI untuk mengukur tingkat keyakinan subjek dalam menjawab setiap pertanyaan. Kemudian dilakukan kegiatan wawancara yang dilaksanakan sebanyak dua kali pada ketiga subjek. Hasil wawancara terhadap masing-masing subjek divalidasi kemudian dianalisis sehingga diperoleh: (1)Miskonsepsi pada siswa terdapat pada (a)Konsep operasi hitung bentuk aljabar, urutan pengerjaan operasi hitung bentuk aljabar dan operasi hitung pecahan bentuk aljabar; (b)Pengertian fungsi dan menentukan  jika nilai  diketahui; (c) Menentukan salah satu komponen jika fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui. (2) Penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa disebabkan oleh: (a)Pemahaman awal (prakonsepsi) siswa yang salah mengakibatkan ketidaksiapan siswa dalam memahami materi fungsi komposisi; (b)Informasi yang diterima siswa salah atau tidak lengkap dapat menyebabkan penalaran siswa yang keliru atau salah mengenai materi fungsi komposisi. (3)Beberapa solusi mengatasi miskonsepsi siswa pada materi fungsi komposisi ialah: (a)Pengecekkan dan penguatan materi prasyarat pada siswa sebelum guru menyampaikan materi fungsi komposisi. (b)Menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi fungsi komposisi yang hendak diajarkan. (c)Memberikan banyak latihan soal yang beragam.

Kata Kunci : miskonsepsi siswa, materi fungsi komposisi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hudoyo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika Cetakan II. Malang: IKIP Malang.

Liliawati, W. (2009). Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA DI SMA Dengan Menggunakan CRI (Certainly Of Respons Index) Dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 10 Oktober 2017.

(http:eprints.uny.ac.id/12401/1/096_Pend_Fis_Winny.pdf)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika Cetakan ke-2. Jakarta: Grasindo.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2018-05-22

Terbitan

Bagian

Articles