PROFIL BERPIKIR SISWA SEKOLAH DASAR YANG MENGGUNAKAN PERHITUNGAN BAHASA BIAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN ASLI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir siswa sekolah dasar yang menggunakan perhitungan bahasa Biak dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan Asli. Operasi hitung yang dimaksud adalah operasi penjumlahan, pengurangan bilangan Asli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas V. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan untuk mendapatkan data yang valid, dalam penelitian ini digunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek menerima informasi dengan cara membaca sambil menulis kembali soal pada lembar kerja yang disiapkan dan mengenal operasi hitung yang ada pada soal dengan menyebutkan nama operasi yang ada pada soal ataupun dengan melihat/menunjuk simbol tersebut. Kedua subjek mengolah informasi dengan cara menggunakan strategi yang telah dipikirkannya untuk memperoleh hasil akhir. Pada soal penjumlahan yang bilangannya ratusan ke bawah, kedua subjek menggunakan bantuan lidi atau garis tetapi jika sudah mencapai ribuan mereka menggunakan cara bersusun. Pada soal pengurangan, kedua subjek menggunakan lidi atau garis.
 Kata Kunci : profil berpikir, perhitungan bahasa Biak, penjumlahan bilangan asli, pengurangan bilangan asli.
Unduhan
Referensi
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas
Fautngil, C dan Rumbrawer, F. 2002. Tata Bahasa Biak. Jakarta: Yayasan Servas Mario
Gunarsa, Singgih, D. 2009. Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta : BPK Gunung Mulia
Hartono, H. S. 2004. Kemampuan Memahami Angka dan Matematika Pada Anak: Suatu Tinjauan Budaya dan Kognitif. www.bpkbdiy.com/id/uplo_ad/download_paud.php?id=13. Download 10 Februari 2012
Miles. B. Matthew & Huberman. A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press)
Numberi, Freddy. 2009. Keajaiban Pulau Owi. Jakarta : Gibon Books
Panjaitan, Binur. 2012. Profil Proses Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender. Surabaya: Pasca Universitas Negeri Surabaya
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidiakan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana