DAYA SERAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 JAYAPURA
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Jayapura. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel penelitian yaitu  merupakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan  merupakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 480 orang dan terbagi dalam 12 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang dan kelas VIII G dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah counterbalance design, sehingga seluruh sampel yang diambil sama-sama memperoleh perlakuan  dan . Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dengan menggunakan aplikasi SPSS series 24. Pada hasil analisis dengan uji uji-t, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,510. Oleh karena nilai signifikan tersebut lebih dari taraf signifikansi 0,05, maka disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan hipotesis  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi turunan fungsi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Jayapura.
 Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, group investigation (GI), jigsaw.
Unduhan
Referensi
Ali, Moh. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka.
BSNP. 2014. Panduan pemanfaatan hasil UN untuk perbaikan mutu pendidikan. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidik.
BSNP. 2016. Panduan pemanfaatan hasil UN untuk perbaikan mutu pendidikan. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidik.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Kadir. 2015. Statistika Penerapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ratumanan, T. G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.