PENGARUH METODE EKSPERIMEN, MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK GERAK LURUS PADA SISWA SMA NEGERI I AIMAS KABUPATEN SORONG

Penulis

  • KAYAMAN KAYAMAN

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v3i3.361

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar  siswa, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar  siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah  mempergunakan korelasi  regresi berganda, yang melibatkan 60 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Aimas Kabupaten Sorong pada tahun pembelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa : angket ekepeimen, motivasi belajar dan keaktifan belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2. Nilai pretes dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk megetahui pengaruh metode eksperimen, motivasi, dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa, yang diolah dengan menggunakan metode statistik, SPSS 18. Kesimpulan yang dapat dihasilkan dari penelitian ini, yakni : metode ekseprimen terhadap hasil belajar siswa berpengaruh singnifikan terhadap siswa SMA Negeri 1 Aimas Kabupaten Sorong. Kesimpulan ini berdasarkan pada hasil uji – F hitung (52,531) > F-tabel  (4,20), metode motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa berpengaruh singnifikan terhadap siswa SMA Negeri 1 Aimas Kabupaten Sorong. Kesimpulan ini berdasarkan pada hasil uji – F hitung ( 47,021 ) > F-tabel  ( 4,20) ,metode keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa berpengaruh singnifikan terhadap siswa SMA Negeri 1 Aimas Kabupaten Sorong. Kesimpulan ini berdasarkan pada hasil uji – F hitung ( 51,311 ) > F-tabel  ( 4,20 ).

Kata Kunci:  Pengaruh metode eksperimen, motivasi belajar dan keaktifan belajar hasil belajar siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-07-03

Terbitan

Bagian

Articles